Kamis, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 Desember 2019

Kamis, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 Desember 2019

GIG dan Audra Hadirkan 'Internet Sehat untuk Indonesia'

Selasa 19 Nov 2019 13:05 WIB

Red: Agus Yulianto

GIG by Indosat Ooredoo sangat berkolaborasi dengan Audra menjadi salah satu ISP pertama di Asia Tenggara yang menyediakan solusi penting bagi pelanggan.

GIG by Indosat Ooredoo sangat berkolaborasi dengan Audra menjadi salah satu ISP pertama di Asia Tenggara yang menyediakan solusi penting bagi pelanggan.

Foto: Foto: Istimewa
Indonesia negara pertama di Asteng yang menawarkan Audra Homeshield pengguna Internet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun internet telah memberikan kenyamanan dan kemudahan terhadap hidup kita, namun juga telah menyebabkan ketergantungan dan meningkatnya kecanduan terhadap internet ini di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, sebuah survei di tahun 2018 tentang Kecanduan Digital pada Remaja Indonesia yang dilakukan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaporkan bahwa kecanduan internet di kalangan remaja telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan sebesar 27,2 persen pada remaja usia 11 dan 13 tahun.

GIG by Indosat Ooredoo (http://www.gig.id), salah satu penyedia layanan internet terkemuka di Indonesia, cukup prihatin terhadap masalah ini. Berkolaborasi dengan Audra, sebuah solusi keamanan internet yang memungkinkan pengguna mengatur sendiri penggunaan internet di rumah, menghadirkan solusi Audra HomeShield yang memiliki fitur kontrol oleh Orangtua (Parental Control) yang sangat efektif dan stabil di jaringan internet rumah. 

Kolaborasi antara GIG by Indosat Ooredoo dan Audra ini, menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara pertama di Asia Tenggara yang menawarkan Audra Homeshield untuk pengguna Internet.

Solusi keamanan internet Audra adalah inovasi eksklusif dari Dotlines, sebuah grup teknologi yang berbasis di Singapura. Audra memberikan kontrol penuh kepada pengguna untuk mendaptakan keseimbangan antara penggunaan teknologi dan kehidupan pribadi. Audra menggabungkan layanan berbasis cloud dengan Artifical Inteligence dan perangkat gateway yang dihubungkan oleh aplikasi di ponsel.

Dengan Audra, pengguna dapat dengan mudah memilih pengaturan khusus berdasarkan preferensi dan kebutuhan lingkungan Internet mereka sendiri, termasuk perangkat pengelompokan, membatasi situs web dan kategori domain, menetapkan batas waktu untuk browsing dan mengamankan jaringan dari phishing, malwares serta serangan lain pada alat-alat Internet of Things (IoT). Meskipun pada dasarnya ini adalah firewall, Audra dirancang untuk menjadi solusi plug-n-play yang sangat sederhana dan mudah digunakan.

“GIG by Indosat Ooredoo sangat senang dapat berkolaborasi dengan Audra untuk menjadi salah satu ISP pertama di Asia Tenggara yang menyediakan solusi penting bagi pelanggan kami,"  kata Yune Marketatmo, Direktur PT Indosat M2 dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/11). 

Yune juga menegasakan, pihaknya sangat memperhatikan kenyamanan konsumen dalam menggunakan layanan internet di keseharian mereka. Karena itu, pihaknya juga menawarkan solusi nyata tidak hanya layanan internet yang berkualitas tetapi juga aman. "Sebuah produk yang akan menciptakan keseimbangan gaya hidup digital yang lebih sehat dalam jangka panjang,” ujarnya

Yune meyakini, dengan menghadirkan produk seperti Audra adalah solusi yang sangat efektif dan langkah nyata kami untuk menciptakan layanan digital yang aman dan sehat bagi masyarakat Indonesia. Tentu, kata dia, ini juga sejalan dengan semagat pemerintah untuk menciptakan internet yang aman dan sehat.

Hasan Mehdi, Chief Executive Officer (CEO) Dotlines Singapore menambahkan, seiring kita menuju dunia yang semakin digital, maka muncul kebutuhan utama atas fitur keamanan siber yang aman dan ramah pengguna untuk memastikan perlindungan pengguna dari segala usia, terutama anak-anak dan remaja. Banyak kegiatan, seperti perbankan dan belanja, dilakukan melalui internet. "Yang ini berarti kita tidak hanya rentan terhadap ancaman online, tetapi juga menurunkan produktivitas dalam kehidupan kita sehari-hari," ujarnya.

Karena itu, kata Hasan, pihaknya ingin membantu para pelanggan GIG by Indosat Ooredoo mencapai keseimbangan dalam penggunaan teknologi harian mereka untuk memungkinkan pelanggan membuat pola yang sehat untuk kegiatan online mereka. Selain itu, melindungi anak-anak dari informasi yang tidak diinginkan. 

"Kami sangat senang bahwa GIG by Indosat Ooredoo telah memilih kami untuk menawarkan Internet sehat bagi para penggunanya di Indonesia. Kami membayangkan sebuah dunia di mana kita semua dapat merasakan kenyamanan dalam kehidupan digital kita sehari-hari. Kolaborasi dengan GIG by Indosat Ooredoo ini adalah tempat yang sempurna bagi kami untuk memberi masyarakat Indonesia kontrol penuh atas penggunaan internet dan perlindungan dari ancaman online,” ucapnya

Direktur PT Prasetia Dwidharma, Ardi Setiadharma, mengatakan, selaku mitra Dotlines di Indonesia, pihaknya senang dapat bermitra dengan Dotlines di Indonesia untuk menghadirkan solusi penting seperti Audra untuk pasar lokal. "Internet aman dan sehat adalah apa yang kami inginkan dan janjikan untuk dikirim ke jutaan rumah di Indonesia,” tegasnya.

GIG by Indosat Ooredoo akan menawarkan paket Audra HomeShield dalam bentuk langganan per bulan dan juga per tahun dengan paket harga yang terjangkau.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA