Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

KoinWorks: 90 Persen Peminjam adalah UKM Digital

Senin 18 Nov 2019 12:17 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nora Azizah

Ilustrasi Aplikasi Ponsel

Ilustrasi Aplikasi Ponsel

Foto: pixabay
Pelaku UKM Digital bisa mengajukan oembiayaan hingga Rp 2 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digital commerce memiliki peran mendorong perekonomian Indonesia. Hal ini dibuktikan kontribusi dari 60 juta unit UKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia telah memanfaatkan platform online.

Melihat potensi digital commerce, Koinworks sebagai platform pembiayaan UKM digital melalui KoinBisnis menawarkan pinjaman produktif kepada para pelaku UKM digital. Pinjaman diberikan dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah untuk pengembangan bisnisnya.

Chief Marketing Officer KoinWorks, Jonanthan Bryan mengatakan, keberadaan sebagai platform fintech lending dapat turut berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Pihaknya berupaya membuka akses kepada pelaku UKM digital yang sebelumnya menemukan kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan.

Baca Juga

"Setidaknya 90 persen dari pinjaman kami adalah pelaku UKM yang bergerak secara digital," ujarnya saat konferensi pers di Puri Denpasar Hotel, Jakarta, Senin (18/11).

Menurutnya, Koinworks telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan e-commerce serta logistik yang bergerak secara digital untuk membentuk data network dan membangun suatu ekosistem digital. Data network, Koinworks mampu membuka akses para pelaku social commerce dan digital commerce untuk mengajukan pembiayaan sebesar Rp 2 miliar dengan tenor 24 bulan.

"Setiap bulan mendanai Rp 250 miliar ke para pelaku UKM. Saat ini KoinWorks memiliki lebih dari 370 ribu pengguna dan menjadi wadah untuk pengembangan bisnis dan pendidikan," jelasnya.

Jonathan merinci pengembangan segmen pendidikan digunakan di tempat kursus dan beberapa universitas. Adapun cicilan yang ditawarkan dengan tenor 10 tahun.

"Lini pendidikan kami memiliki KoinPintar mendapatkan akses pembiayaan pendidikan khususnya bagi tempat les, universitas jadi uang pokok atau muka bisa dicicil bahkan pinjaman cicilan bisa 10 tahun," ucapnya.

Pada segmen bisnis UKM digital, menurutnya Koinworks telah merangkul beberapa pelaku, salah satunya Suasana Kopi. Berdiri sejak 2017, Panji Aditya bersama kedua temannya membangun Suasana Kopi yang awalnya berlokasi di Kemang.

Panji yang telah memiliki cita-cita memiliki kedai kopi sejak SMA mencoba layanan keuangan berbasis teknologi di KoinWorks untuk kebutuhan pengembangan usaha, Ia menilai, hal ini lebih mudah dalam prosesnya.

"Sebagai pelaku usaha, saya berkeinginan untuk berupaya mengembangkan usaha," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA