Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Jangan Biasakan Mengisi Daya Baterai Ponsel di Kasur

Senin 11 Nov 2019 11:46 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Mengisi daya baterai ponsel.

Mengisi daya baterai ponsel.

Foto: Flickr
Meletakkan ponsel di kasur saat sedang isi daya baterai bisa akibatkan kebakaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengisi daya baterai ponsel di malam hari menjadi kebiasaan banyak orang. Biasanya, mereka akan meletakkan ponsel yang sedang diisi daya ke sumber listrik di meja dekat dengan tempat tidur.

Namun, tidak semua orang menaruh ponsel yang sedang diisi daya tersebut di meja atau tempat yang sesuai. Terkadang, karena berbagai alasan, salah satunya adalah karena malas dan ingin tetap dapat menjangkau gawai sedekat mungkin dengan Anda.

Dilansir The Healthy, mengisi daya ponsel di tempat tidur mungkin tidak ada hubungannya dengan kualitas tidur seseorang. Namun, ada risiko keamanan yang lebih besar membuat Anda harus berpikir dua kali untuk melakukan itu.

Dalam sebuah laporan dari Departemen Pemadam Kebakaran Newton di New Hampshire, Amerika Serikat (AS), terdapat foto yang memperlihatkan seorang ibu di Inggris yang putrinya tertidur dengan ponsel yang sedang diisi daya di bawah bantal. Risiko terbesar yang ada kemungkinan bahwa kabel yang diugunakan untuk mengisi daya bateral rusak atau dalam kondisi tidak baik lagi, hingga berpotensi menimbulkan percikan api dari  ponsel.

“Setiap kali ada berurusan dengan dengan kabel yang terbuka, selalu ada risiko kebakaran. Jika Anda memiliki kabel yang berjumbai atau hal lain seperti itu, maka lebih baik menggantinya,” ujar Brad Nichols, teknisi dengan perusahaan layanan teknologi Staymobile.

Nichols mengatakan bahwa jangan pernah merusak ponsel dengan charger yang tidak asli. Sebagian besar ponsel tanpa cacat mungkin tidak akan panas dan pada akhirnya menyebabkan kebakaran, namun bukanlah tidak mungkin. Risiko jika mengisi daya adalah ponsel panas dan bantal mengunci panas itu.

“Masalahnya adalah ketika tertutup kain, maka panas yang dihasilkan tidak akan keluar. Jadi, bantal atau selimut menutupi ponsel Anda yang sudah terlalu panas bisa menjadi malapetaka,” jelas Nichols.

Meski demikian, Nichols mengatakan hanya karena  ponsel berada di tempat tidur menjadi penyebab utama kebakaran yang berasal dari ponsel. Selama ini kasus yan terjadi cenderung karena adanya permasalahan dari cacat produk, yang dipicu dengan kebiasaan yang salah.

Agar aman, tetap gunakan pedoman produk pengisi daya baterai ponsel, yaitu isi daya pada permukaan yang rata tanpa ada bahan yang mudah terbakar di sekitar. Selain itu, pastikan agar tak ada benda asing di konektor atau colokan listrik.

Jika ponsel Anda mulai kepanasan, apakah dari matahari atau pengisian daya, matikan terlebih dahulu untuk membantunya menjadi dingin. Nichols mengatakan ada kemungkinan bahwa saat ponsel begitu panas saat disentuh, maka ada yang sesuatu yang salah di dalamnya.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA