Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Kelompok Wanita Lakukan Spacewalk Bersejarah

Sabtu 19 Oct 2019 12:52 WIB

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih

Christina Koch (kiri) dan Jessica Meir

Christina Koch (kiri) dan Jessica Meir

Foto: CNN
Ini adalah spacewalk pertama yang dilakukan oleh astronaut yang semuanya perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astronot NASA Jessica Meir dan Christina Koch menjadi kelompok pertama berisi dua wanita yang berhasil melakukan berjalan menginjak planet bumi dari luar angkasa. Spacewalk tersebut mereka lakukan di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Seperti diwartakan CNN, Sabtu (19/10) perjalanan antarikasa itu dimulai pukul 19.38 berakhir pada pukul 02.55 dini hari waktu Ameirka Serikat (AS). Spacewalk itu berlangsung selama tujuh jam 17 menit.

Usai melakukan spacewalk tersebut, Jessica Meir dan Christina Koch mengatakan bahwa misi berjalan dengan baik. Kedua astronaut itu bahkan mengaku dapat menyelesaikan beberapa tugas di stasiun.

Ini adalah perjalanan ruang angkasa keempat untuk Koch dan yang pertama untuk Meir. Berdasarkan posisi mereka di peron, para astronaut dapat melihat mereka berjalan menginjak planet Bumi.

Baca Juga

"Ini sangat menarik bagi kami. Tapi sesungguhnya kami hanya menjalankan tugas namun sadar bahwa ini merupakan pencapaian bersejarah," kata Meir.

Senanda, Koch juga mnegaku tersanjung dapat melakukan spacewalk bersejarah tersebut. Menurutnya, secara historis, wanita tidak selalu diutamakan dari apa yang mereka telah lakukan.

Presiden AS Donald Trump lantas memberikan pujian bagi kedua astronaut tersebut. Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Trump mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan Meir dan Koch merupakan pekerjaan yang luar biasa.

"Saya senang bisa berbicara dengan dua astronaut Amerika pemberani yang membuat sejarah. Ini adalah pertama kalinya bagi seorang wanita di luar stasiun ruang angkasa. Saya hanya ingin memberi selamat karena Anda orang yang sangat berani dan luar biasa," kata Trump.

Sementara, Mier dan Koch menjadi wanita ke-13 dan ke-14 yang telah melakukan spacewalk. Sebelum mereka adalah kosmonot wanita asal Rusia, Svetlana Savitskaya. Dia menjadi wanita pertama yang melakukan spacewalk pada 1984.

Capaian Savitskaya kemudian diikuti oleh astronot NASA Kathy Sullivan. Berikutnya, sebanyak 12 wanita AS telah melakukan 40 spacewalk di ruang angkasa selama 35 tahun terakhir.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA