Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Misteri Semesta, Organisme Ini Bukan Tanaman atau Hewan

Jumat 18 Oct 2019 06:00 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Organisme kuning misterius yang disebut blob. Ilmuwan belum bisa menentukan apakah ia tanaman atau hewan.

Organisme kuning misterius yang disebut blob. Ilmuwan belum bisa menentukan apakah ia tanaman atau hewan.

Foto: ABC News
Kebun binatang Paris memperkenalkan sebuah organisme kuning dengan 720 kelamin.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Kebun binatang Paris memperkenalkan sebuah organisme baru yang misterius, Rabu (17/10). Organisasi itu dijuluki ‘blob’, sebuah makhluk kecil satu sel berwarna kekuningan dan terlihat seperti jamur, namun berperilaku seperti binatang.

Blob menjadi pameran terbaru Paris Zoological Park yang dipertunjukkan ke publik pada Sabtu. Blob tak memiliki mulut, perut, dan mata, namun ia bisa mendeteksi makanan dan mencernanya. 

Menariknya lagi, blob mempunyai 720 kelamin. Makhluk ini dapat bergerak tanpa kaki atau sayap. Dia juga bisa menyembuhkan dirinya sendiri dalam dua menit jika setengah tubuhnya dipotong.

Baca Juga

Dilansir di BBC, blob tidak asal bergerak. Ia bergerak dengan algoritma tertentu.

“Blob adalah makhluk hidup yang merupakan salah satu misteri alam,” kata Direktur Museum Sejarah Alam Paris yang juga menangani kebun binatang Paris, Bruno David seperti dilansir Al Arabiya, Kamis (17/10).

“Ini mengejutkan kami, karena (blob) tak memiliki otak tetapi mampu belajar, dan jika Anda menggabungkan dua blob, yang sudah belajar akan mengirimkan pengetahuannya pada yang lain,” ujar David.

Sumber: Euro News

Nama blob diambil dari sebuah film fiksi ilmiah 1958 berjudul The Blob. Dalam film yang dibintangi Steve McQueen itu menceritakan mahluk itu bisa memakan segala sesuatu yang berada di jalan di kota kecil Pennsylvania.

“Kami tahu pasti itu bukan tanaman, tetapi kami tak benar-benar memastikan jika itu binatang atau jamur. Perilakunya sangat mengejutkan untuk sesuatu yang terlihat seperti jamur, ia memiliki perilaku binatang, ia dapat belajar,” kata David.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA