Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Ular Dapat Telan Makanan Lebih Besar dari Tubuhnya

Kamis 17 Oct 2019 09:01 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Indira Rezkisari

Ular

Ular

Foto: pixabay
Ular memiliki hubungan yang tidak biasa dengan makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika membuka situ pencarian di YouTube dengan Kata kunci 'ular makan', akan ditemukan sejumlah informasi menarik. Hal tersebut menjadi daya tarik sekaligus menakutkan dan menjijikan. Tapi begitulah cara ular makan.

Salah satunya, ular memakan katak hidup. Atau yang dianggap mengerikan atau sulit dibayangkan bagaimana ular memakan landak. Ular bahkan mungkin memakan dirinya sendiri dan ini memang terjadi.

Ular dapat menelan rusa, babi, buaya atau sapi. Karena dari itu ular adalah hewan yang sangat sukses di alamnya. Habitat ular meliputi seluruh planet ini. Jenis ular sangat beragam dan ular dapat ditemukan di air garam dan air tawar.

"Ada ular yang hidup di tanah. Ada ular yang hidup di atas pohon. Ada ular di Asia tenggara yang meluncur dari pohon ke pohon.  Kata Kevin Calhoon, kurator hutan di akuarium Tennessee di Chattanooga seperti dikutip situs Live Science, Rabu (16/10).

"Ada juga variasi yang luar biasa dalam apa yang ular makan. Misalnya menemukan ular yang memakan cacing tanah, moluska dan mangsa besar, termasuk mamalia," kata Julia Klaczko, seorang zoolog di universitas Brasilia di brasil.

Ular memiliki hubungan yang tidak biasa dengan makanan. Tanpa membuat panas tubuh, seekor ular dapat menurunkan kalori yang jauh lebih sedikit daripada hewan berdarah panas lainnya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1988 dalam jurnal Oecologia, para peneliti memperkirakan bahwa ular betina dapat tetap hidup dan bereproduksi bahkan sewaktu mengonsumsi kurang dari 3 persen jumlah mangsa yang dibutuhkan binatang berdarah hangat dengan ukuran serupa.

Ular mungkin menggunakan energi mereka secara efisien, tetapi mereka masih perlu makan. Dan mereka memiliki beberapa sifat yang hewan lain yang digunakan untuk makan. "Tanpa anggota tubuh, ular tidak dapat menahan makanannya di tempat atau mendorong makanannya ke dalam tenggorokannya," kata Klaczko menjelaskan.

Ular juga tidak memiliki gigi bergerigi untuk merobek dan mengunyah gigi datar. Menelan makanan merupakan cara ular makan.

Menurut Klaczko, kemampuan ular untuk makan mangsa besar bukanlah sesuatu yang hanya terjadi sekali dalam evolusi ular. Meskipun peneliti masih memiliki beberapa pertanyaan tentang pohon keluarga ular.

Bukti menunjukkan bahwa keturunan ular yang berbeda telah berevolusi secara independen sifat yang sama yang membiarkan mereka menangkap, menelan dan mencerna mangsa mereka, katanya.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA