Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Akhirnya, macOS catalina Sudah Bisa Dicoba

Selasa 08 Oct 2019 13:38 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah

Ultrathin MacBook

Ultrathin MacBook

Foto: Ubergizmo
MacOS Catalina sudah bisa diunduh bagi pemilik MacBook hingga iPad.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Apple mulai meluncurkan macOS Catalina pada Senin (7/10) untuk pemilik MacBook di seluruh dunia. Pembaruan besar ini sebelumnya diumumkan pada Juni di konferensi pengembang WWDC Apple dan mencakup sejumlah fitur baru dan peningkatan keamanan.

Mungkin yang paling menarik adalah Sidecar bagi pemilik MacBook dan iPad dengan tablet menjadi layar ke dua. Fitur ini akan memungkinkan seseorang untuk memindahkan konten dari satu tampilan ke tampilan lainnya dengan pengguna yang bahkan dapat mengedit berbagai hal dengan menggunakan stylus pencil Apple.

Tambahan lainnya termasuk tiga aplikasi baru untuk Musik, TV, dan Podcast yang seharusnya membuat pemiliknya sedikit lebih mudah mengakses konten. Ada juga peningkatan pada aplikasi Foto dan Pengingat.

Opsi layar Apple untuk Mac akan memberitahu pengguna tentang berapa banyak waktu yang mereka lihat di layar. Pemilik akan mendapatkan semua peningkatan keamanan biasa.

Seperti yang dilansir dari Express, Senin (7/10), jika pengguna ingin mencoba beberapa fitur macOS terbesar dan terbaik, maka inilah cara untuk memastikan Mac siap.

Pertama, cadangkan data dan sediakan beberapa ruang. Meskipun pembaruan Apple biasanya cukup stabil, ada baiknya mencadangkan semua data terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika kejadian terburuk terjadi.

Pengguna juga perlu memeriksa hard drive karena akan memerlukan ruang kosong untuk mengunduh dan menginstall macOS Catalina. Bahkan diperkirakan pembaruan ini akan berkapasitas sekitar 7 GB dengan sekitar 20 GB ruang yang dibutuhkan sebelum diletakkan di perangkat.

Untuk memeriksa penyimpanan, cukup ketuk logo Apple di sudut kiri atas layar dan buka About This Mac. Kemudian tekan Storage yang akan memberi tahu informasi ruang yang tersisa di MacBook.

Kedua, periksa kesesuaian MacBook. Seperti halnya semua pembaruan dari Apple, tidak semua orang dapat mengunduhnya dengan beberapa mesin lama yang tidak kompatibel dengan peningkatan ini. sementara Apple mencoba menghadirkan fitur-fitur terbaru ke Mac sebanyak mungkin, beberapa di antaranya pasti tertinggal.

Tidak setiap komputer yang dapat menjalankan macOS 10.14 Mojave mampu menjalankan macOS 10.15 Catalina.

Ketiga, pastikan pengguna dekat dengan jaringan Wifi. Ketika pemutakhiran tiba, pengguna harus terhubung ke sinyal Wifi dan itu ide yang bagus untuk memastikan MacBook terhubung dan terisi penuh.

Tidak ada kata resmi dari Apple tentang kapan akan tersedia. Tetapi semoga pengguna Apple tidak menunggu lama untuk menjajal macOS Catalina.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA