Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

BeU Jek, Ojol Baru yang Siap Beroperasi

Ahad 06 Oct 2019 07:15 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nora Azizah

Ilustrasi Aplikasi Ponsel

Ilustrasi Aplikasi Ponsel

Foto: pixabay
Aplikasi BeU Jek mewajibkan pengemudi mitra bergabung dalam koperasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah hadirnya Gojek dan Grab, kini hadir aplikasi ojek online (ojol) BeU Jek yang berbadan hukum Koperasi BeU Abadi Nusantara. BeU Jek resmi mengaspal dan menambah pilihan pengguna  bisnis ride hailing di Indonesia.

Aplikasi ini telah diluncurkan di Jakarta, Sabtu (5/10). Sebagai penantang baru aplikasi Grab dan Gojek, BeU Jek diklaim memiliki kelebihan dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang pernah ada.

"BeU Jek sangat berbeda dengan aplikasi ojol lainnya karena kita kan ada di bawah naungan koperasi, bukan perusahaan. Sehingga driver  otomatis menjadi anggota koperasi,” kata salah satu Founder BeU Jek, Eka Maulana, dalam siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (5/10) malam.

Dia melanjutkan, kelebihan lainnya bisa didapatkan para driver BeU Jek sebab akan meraih ansurasi jiwa sebesar Rp 28 juta. Selain itu, para driver BeU Jek bakal medapatkan sembako setiap bulannya antara lain beras 5 kilogram (kg), minyak goreng Rp 1 liter, gula 1 kg, dan oli gratis sebagai kompensasi atas biaya perawatan motor.

Menurut Eka berdasarkan penuturan para driver yang telah bergabung dengan BeU Jek, para driver menyampaikan harapannya. Adapun harapan driver yakni untuk mendapatkan penghasilan lebih yang berasal dari koperasi, di mana setiap bulan dan akhir tahun koperasi mendapat sisa hasil usaha.

"Ini kan karena driver masuk sebagai salah seorang anggota pemilik koperasinya, dan juga nanti driver itu bisa mendapat kredit motor tanpa DP (down payment)," ujarnya.

Dia menuturkan, terdapat persyaratan yang diwajibkan koperasi bagi calon driver yang hendak bergabung. Persyaratan tersebut antara lain memiliki kendaraan dengan minimal tahun motor 2011, memiliki gawai Android minimal spesifikasi RAM 2 dan berkapasitas 16 GB, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 50 tahun, menyerahkan foto terbaru berukuran 4 x 6 (2 lembar), memiliki KTP yang masih berlaku, SIM C, kelengkapan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli dan legalisir yang terbaru, emiliki Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi, memiliki Surat Keterangan Sehat, memiliki Tabungan pada Bank Pemerintah yang ditunjuk oleh koperasi.

Adapun ketentuan yang perlu dilengkapi para calon driver yakni. menyimpanan iuran sebesar Rp 250 ribu dan dapat dicicil Rp 10 ribu per hari selama 25 hari di bulan pertama. Menyetorkan simpanan wajib sebesar Rp 30 ribu per bulan yang juga dapat dicicil.

Kemudian diwajibkan membeli helm, jaket, dan atribut lainnya senilai Rp 425 ribu yang juga dapat dicicil Rp 10.625 per hari selama 40 hari di bulan kedua. Ada juga sinergi Hak Usaha yang perlu dibayarkan sebesar Rp 30 ribu per hari.

Eka menegaskan, pihaknya bakal memberikan para driver bonus saldo perdana dalam aplikasi sebesar Rp 50 ribu jika bergabung. Selain itu juga dengan otomatis
bakal mendapatkan jaminan asuransi kecelakaan dan kehilangan menjadi bagian anggota koperasi.

"Kami juga sepakat nantinya tidak ada batas zona lokasi bonus dari BeU Jek ini," pungkasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA