Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Instagram Perkenalkan Aplikasi Pesan Threads

Jumat 04 Oct 2019 13:26 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Instagram

Instagram

Foto: EPA
Threads di Instagram mengusung komunikasi berbasis visual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial Instagram memperkenalkan aplikasi pesan berbasis kamera bernama Threads untuk memudahkan komunikasi pengguna. Aplikasi terpisah itu dirancang untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat di tempat yang lebih khusus dan privat.

"Threads mengutamakan privasi, kecepatan, dan kedekatan hubungan. Pengguna memiliki kontrol penuh untuk menentukan siapa saja yang bisa menghubungi mereka," kata Director of Product Instagram Robby Stein lewat pernyataan resminya.

Tahun lalu, Instagram telah meluncurkan fitur untuk membagikan konten di Feed dan Stories dengan segelintir orang-orang terdekat saja, atau lebih dikenal dengan "Close Friends". Pengalaman personal itu bisa dibawa ke fitur pesan pribadi lewat Threads.

Threads mengusung komunikasi berbasis visual, di mana pengguna bisa berbagi pesan berupa foto dan video dengan lebih cepat. Aplikasi akan langsung mengarahkan pengguna ke kamera dan hanya butuh dua ketukan untuk mengirimkan foto dan video.

Stein menjamin cara itu lebih efisien untuk berbagi informasi dengan orang-orang terdekat, terutama saat pengguna tidak memiliki banyak waktu. Dalam Threads, ada fitur "Status" di mana pengguna cukup memilih ikon yang telah direkomendasikan.

Fitur itu memberi konteks apa yang sedang dilakukan pengguna tanpa harus membagikan lokasi secara detail. Pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa menyimak status mereka. Fitur "Instagram Direct" pun tetap bisa digunakan seperti sebelumnya.

Pesan-pesan dari daftar teman dekat di Threads tetap akan muncul di pesan langsung (DM), memberikan keleluasaan untuk memilih bagaimana pengguna ingin berinteraksi. Stein mengatakan, Threads menawarkan tempat baru untuk melakukan percakapan dengan orang-orang terdekat.

"Instagram berharap agar Threads bisa membantu Anda menjadi lebih dekat dengan orang-orang yang penting untuk Anda dengan cara yang lebih personal," ujarnya. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Threads di iOS dan Android mulai 4 Oktober 2019.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA