Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

NASA Bagikan 2 Rekaman Marsquake ke Publik

Rabu 02 Oct 2019 10:21 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Warga menyaksikan pemandangan planet Mars berdampingan dengan gerhana bulan total terlihat di Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/7) dini hari.

Warga menyaksikan pemandangan planet Mars berdampingan dengan gerhana bulan total terlihat di Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/7) dini hari.

Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Marsquake adalah gempa di planet Mars yang berhasil terekam NASA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- NASA membagikan dua rekaman getaran atau gempa di planet Mars kepada publik. Rekaman tersebut diunggah di akun YouTube NASA Jet Propulsion Laboratorium (JPL).

Getaran yang juga disebut Marsquake tersebut direkam beberapa waktu lalu oleh robot NASA InSight Mars. Dilansir Slashgear, getaran itu ditangkap oleh instrumen yang sangat sensitif yang disebut Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS). Alat ini dirancang untuk menangkap getaran yang dihasilkan dari kejadian alamiah seperti angin sepoi-sepoi.

Sejumlah warganet terlihat antusias atas dirilisnya rekaman marsquake tersebut. Terlebih rekaman itu bisa di unduh secara bebas oleh publik.

"Thank you for this awesome video!" tulis salah satu warganet, Alice S.

Seperti yang dirinci NASA sebelumnya, SEIS dipasang di planet merah beberapa bulan lalu. Sedang marsquake terdeteksi pada bulan April 2019. Selama terpasang, SEIS mendeteksi 100 peristiwa dan 21 diantaranya kemungkinan besar adalah marsquake.

Dari puluhan marsquake yang terdeteksi, NASA telah mengunggah dua file dari dua gempa yang sangat terkenal, bernama Sol 173 dan Sol 235. Masing-masing adalah gempa berkekuatan 3,7 dan 3,3.

Untuk menghasilkan suara yang lebih jelas, NASA menyarankan mendengarkannya melalui headphone.

Baca Juga




BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA