Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Hella Kembangkan Lampu LED Sistemoptic Anti Silau

Kamis 19 Sep 2019 22:22 WIB

Rep: MGROL Widyadhana Mufida/ Red: Nora Azizah

Hella LED Projection Module

Hella LED Projection Module

Foto: MGROL/Widya
Silau cahaya sering kali mengganggu pengendara dari arah yang berlawanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan panjang Hella sebagai pemasok komponen otomotif global membuatnya mengembangkan teknologi untuk industri pertambangan. Salah satu komponen yang dikembangkan, yakni lampu pada kendaraan pertambangan.

Dalam ajang Mining Indonesia 2019, Hella mencoba bermain pada pasar lampu LED untuk kendaraan pertambangan. Teknologi lampu tersebut dapat digunakan pada kendaraan berat pertambangan apapun dengan menyesuaikan luas jangkauan yang ingin dicapai

Baca Juga

“Lampu dengan warnanya putih dan terang seringkali susah diterima operator karena silau dari lampu tersebut. Di mana driver dari arah berlawanan merasa tergangg dengan silau cahayanya setiap kali lampu dihidupkan. Hal ini memberikan kesan yang tidak nyaman sewaktu dioperasikan,” jelas Albert Susanto, Head of Special HELLA Asia Singapura di Jakarta, belum lama ini.

Albert menjelaskan, kendala yang ditemui ini merupakan hasil turun ke lapangan yangditemui di pertambangan Afrika. Kendala di lapangan ini dirasa perlu diberikan solusi  langsung melihat lampu menjadi salah satu komponen penting  dalam berjalannya aktivitas pertambangan.

Hal tersebut yang kemudian mendorong Hella mengembangkan Zeroglare. Zeroglare merupakan sistem optik pertama yang dikembangkan Hella. Sistemoptic ini secara khusus yang mengarahkan cahaya dari LED ke atas permukaan tanah di depan kendaraan.

Hasil yang didapat dari Zeroglare berupa garis cahaya horizontal yang sangat jelas,   sehingga menghilangkan masalah silau dari lampu LED dan meningkatkan visibilitas pada keselamatan kerja pertambangan. “Lampu dapat diadaptasikan pada   luas   jangkauannya dengan mengatur ketinggian yang diinginkan,” kata Albert.

Selain itu, Hella juga mengembangkan LED Projection Module sebagai solusi keselamatan kerja pertambangan. LED Projection Module merupakan lampu dengan teknologi Visitech yang dirancang untuk memproyeksikan tanda bahaya. Dengan menggunakan lampu sebagai penanda bahaya, masalah peringatan bahaya karena   faktor alam dan cuaca dapat diminimalisir.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA