Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Bekasi Luncurkan Aplikasi 'Bebunge'

Ahad 15 Sep 2019 10:29 WIB

Red: Nora Azizah

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Foto: Google
Aplikasi dijadwalkan bisa beroperasi dengan lengkap awal Oktober 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat merilis aplikasi berbasis daring bernama 'Bebunge' yang merupakan singkatan dari 'Bekasi nyambung bae'. Aplikasi ini bisa dioptimalkan warga Bekasi terkait layanan pemerintahan.

"Pelayanan publik terus kita perbaiki. Salah satunya lewat aplikasi layanan internet yang kami sebut Bebunge," kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja di Cikarang, Sabtu (14/9)

Eka menjelaskan saat ini pihaknya melalui Diskominfosantik Kabupaten Bekasi tengah menyiapkan sarana dan prasarana penunjang aplikasi Bebunge agar segera dapat dijalankan. "Mudah-mudahan awal bulan depan bisa langsung beroperasi dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," katanya.

Menurut Eka keuntungan dari aplikasi ini adalah memudahkan masyarakat dalam menggunakan fasilitas negara melalui jaringan internet. "Salah satu contoh adalah ambulans kami yang ada di setiap kecamatan. Masyarakat dapat menggunakan ambulans jika ada kondisi darurat dengan memanggilnya melalui aplikasi Bebunge ini," katanya.

Selain itu melalui aplikasi Bebunge ini pula masyarakat dapat melaporkan perkembangan wilayahnya masing-masing seperti kondisi infrastruktur, sarana pendidikan, kesehatan, serta pelayanan publik lainnya. "Warga juga bisa curhat, komentar, atau menanyakan langsung kepada operator Bebunge kami soal pelayanan publik di Kabupaten Bekasi," katanya lagi.

Eka mengaku penerapan aplikasi ini nantinya dimanfaatkan guna menunjang optimalisasi pelaksanaan tugas aparatur pemerintahan daerah yang melayani, jujur, dan bersih. "Kami ingin menciptakan Kabupaten Bekasi dengan semangat yang baru, banyak inovasi baru dan menjadikan Bekasi Baru Bekasi Bersih, bersih dari lingkungannya serta perangkatnya," kata Eka.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA