Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Siswa SDIT Al-Barkah Belajar MIPA Lewat Fun Math and Science

Rabu 11 Sep 2019 12:08 WIB

Red: Gita Amanda

SDIT Al Barkah mengikuti kegiatan Fun Math and Science.

SDIT Al Barkah mengikuti kegiatan Fun Math and Science.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
FMS dapat menjadi inovasi dalam proses pembelajaran matematika dan sains.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebanyak 189 siswa siswi sdit al barkah Kota Depok tampak sumringah ketika menyambut tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Jumat (6/9) lalu. Sorak-sorai gembira pun terjadi tatkala tim binaan Ridwan Hasan Saputra (RHS) menyapa peserta dan mengawali kegiatan lewat ice breaking.

Baca Juga

Ratusan pelajar kelas 4-6 SD tersebut diajak lebih dekat untuk belajar matematika dan sains lewat kegiatan yang bertajuk fun math and science ( fms ). Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, Lia Mahlia mengaku bersyukur atas terlaksananya kegiatan FMS di SDIT Al Barkah.

“Alhamdulillah, pelaksanaan FMS bagus sekali dan menarik sekaligus sukses memikat anak-anak. Semoga kegiatan edukasi ini (Fun Math and Science) dapat menjadi inovasi dalam proses pembelajaran matematika dan sains,” kata Lia Mahlia.

Setelah diajak bergembira bersama lewat ice breaking, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti aktivitas praktikum dan eksplorasi. Dalam kegiatan tersebut, tim FMS menyajikan Permainan Matematika Bela Negara (PMBN), Kartu Nara, dan Logic untuk matematika. Sedangkan di bidang sains KPM menyajikan Balloon Rocket, Exploding Baggies.

Rathri Chandra Dewi selaku Staff Litbang Matematika Klinik Pendidikan MIPA menjelaskan,  manfaat dari permainan tersebut dapat menumbuhkembangkan minat terhadap mata pelajaran matematika. Selain itu, FMS juga menstimulasi paradigma berpikir bahwa matematika dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan.

photo
SDIT Al Barkah mengikuti kegiatan Fun Math and Science.

Sementara itu, fasilitator bidang sains, Febie Leona Tiffany, mengungkapkan eksperimen sains mengajarkan anak ilmu tentang kehidupan yang terjadi di kesehariannya. Saat bereksperimen, akan terjadi diskusi, berpendapat, dan belajar tentang kesabaran (menunggu hasil eksperimen).

“Seperti eksperimen kali ini, anak-anak mempelajari reaksi asam basa dan hukum fisika dalam kehidupan,” ungkap staff litbang IPA dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM), seperti dalam siaran pers.

Acara yang digelar sejak pagi hingga siang hari tak pelak membuat takjub dan semangat peserta. “Senang sekali bisa belajar sains sambil bermain dan mau ikut lagi,” kata Panji Abdi Al Fatin siswa kelas 5 ini.

Hal senada juga dikatakan M Fahri Refandi yang mendapatkan pengalaman seru saat bermain permainan Matematika Bela Negara, Balloon Race dan praktikum sains.
Bagaimana Sahabat, apakah tertarik untuk menjajal program Fun Math and Science di sekolah masing-masing? Yuk, daftar dan hubungi langsung tim Klinik Pendidikan MIPA. Narahubung 0812 8034 1100 (Ibu Karlina).


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA