Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Desa-Desa 'Laskar Pelangi' Kini Tersambung Wifi Gratis

Rabu 11 Sep 2019 07:49 WIB

Red: Nora Azizah

Akses internet di daerah. Ilustrasi.

Akses internet di daerah. Ilustrasi.

Foto: Antara
Pada 2020 ditargetkan 50 sampai 100 titik menyediakan wifi gratis di desa-desa.

REPUBLIKA.CO.ID, MANGGAR -- Dua desa di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan tersambung jaringan internet gratis. Infrastruktur ini dibangun sebagai realisasi program warung kopi (warkop) internet desa (Ides) di "Negeri Laskar Pelangi" itu.

Baca Juga

"Sebelumnya sudah ada beberapa desa tersambung internet gratis, sekarang akan kami tambah dua desa lagi di Kecamatan Manggar dan Kelapa Kampit," kata General Manager SBU PT ICON+ Palembang, Ratriani Kartika Mahanani usai menghadiri peresmian Warkop Ides di BUMDes Desa Lenggang Membangun, Selasa (10/9).

Bahkan Ratriani berjanji akan memberikan 50 sampai 100 internet gratis bagi desa dan sekolah pada 2020 di Belitung Timur. "Penambahan Ides tersebut menanggapi permintaan Menteri BUMN Rini Soemarno yang meminta agar akhir pada 2019 ini ada 15.000 Ides di seluruh Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 2020 akan menambah 50 atau 100 buah warkop Idesnya di Kabupaten Beltung Timur atau sama dengan di Belitung. "Desa yang mendapat fasilitas Ides akan mendapatkan kuota internet gratis sebanyak dua hingga tiga mbps. Namun besaran akan ditambah jika ada kegiatan sosial yang dilaksanakan di desa atau sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan, jika di desa itu ada acara kegiatan maka bisa konfirmasi dua hari sebelumnya agar masih ada waktu untuk membuka jaringan internet. "Kita tambah bandwith-nya menjadi 10 mbps, tanpa biaya untuk beberapa hari,” ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA