Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Dear Pengguna iPhone, Lakukan Langkah Ini untuk Hindari 25 Ribu Mata-Mata di Ponselmu!

Selasa 10 Sep 2019 12:31 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Dear Pengguna iPhone, Lakukan Langkah Ini untuk Hindari 25 Ribu Mata-Mata di Ponselmu!. (FOTO: Reuters)

Dear Pengguna iPhone, Lakukan Langkah Ini untuk Hindari 25 Ribu Mata-Mata di Ponselmu!. (FOTO: Reuters)

Deteksi positif stalkerware pada iPhone meningkat dua kali lipat, wow!

Warta Ekonomi.co.id --- Menurut perusahaan anti-spyware seluler, Certo Software, permintaan alat untuk mendeteksi serangan stalkerware pada ponsel meningkat tiga kali lipat dalam dua tahun terakhir. Tak hanya itu, perusahaan itu pun membeberkan, deteksi positif stalkerware pada iPhone meningkat dua kali lipat, hanya dalam kurun waktu dua tahun.

Stalkerware masuk melalui aplikasi berbahaya, yang membuat penguntit (entah di mana) dapat memonitor lokasi korban, membaca pesan korban, melihat foto, bahkan secara diam-diam menyalakan mikrofon untuk mencuri dengar kegiatan korban.

"Saat ini ada lebih dari 25 ribu aplikasi yang mengandung fasilitas penguntit atau mata-mata, bahkan banyak di antaranya yang dapat diunduh dari toko aplikasi resmi atau situs asli pengembang. Salah satunya bernama mSpy, bahkan muncul di iklan Twitter pada Agustus lalu," papar Co-Founder Certo Software, Simon Lewis dalam artikelnya di CNBC Internasional, dikutip Selasa (10/9/2019).

Baca Juga: Dear Pengguna iPhone, Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Demi Keamananmu!

Serangan stalkware umumnya menyerang Android, tetapi iPhone pun tak kebal terhadap serangan itu. Jika Anda khawatir akan hal ini, Lewis menyarankan agar Anda memasang aplikasi anti-stalkware, seperti Malwarebytes dan Sophos AV untuk Android.

Sayangnya, perangkat seluler Apple tak memiliki aplikasi pendeteksi spyware/stalkerware. "Tidak ada (aplikasi tersebut) untuk perangkat seluler Apple," kata Lewis dalam tulisannya.

Mengapa demikian? Menurut Lewis, Apple tak mengizinkan aplikasi antipenguntit di App Store-nya, mengklaim kalau perangkat mereka tak membutuhkannya. Padahal, iPhone pun memiliki kerentanan tersendiri, seperti yang dilaporkan oleh tim peneliti Google belum lama ini.

Lewis mencontohkan, "Utamanya serangan WhatsApp di awal tahun, serta bug di iOS 12.4 di mana bug yang diperbaiki sebelumnya memungkinkan peretas memasang spyware di iPhone."

Baca Juga: Setelah 10 September, Harga iPhone Lama akan Semakin Murah

Lantas, bagaimana caranya Anda sebagai pengguna iPhone bisa melindungi diri dari serangan itu?

1. Pastikan sistem operasi Anda selalu diperbarui (jika sudah tersedia pembaruan).

2. Gunakan kode sandi yang kuat, jangan disebarkan ke siapapun untuk mencegah peretasan oleh pihak manapun.

3. Aktifkan otentikasi dua faktor untuk ID Apple Anda untuk menghentikan siapapun yang ingin mengkases informasi pribadi di iCloud.

4. Jika Anda pikir stalkerware atau spyware sudah terpasang di iPhone Anda, ada beberapa aplikasi (di luar App Store) seperti MobilEdit yang bisa mendeteksi apakah Anda sudah menjadi korban stalkerware atau belum?

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA