Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

NASA Selidiki Astronot Akses Rekening Bank dari Luar Angkasa

Ahad 25 Aug 2019 09:05 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Indira Rezkisari

Petugas darat membantu astronot Anne McClain (tengah).

Petugas darat membantu astronot Anne McClain (tengah).

Foto: EPA
Astronot mengakses rekening bank pasangannya yang sudah berpisah dari luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- NASA dilaporkan sedang menyelidiki klaim bahwa seorang astronot mengakses rekening bank pasangannya yang sudah berpisah, dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kasus ini diduga kejahatan pertama yang dilakukan di luar angkasa.

Anne McClain mengakui mengakses akun itu dari ISS tetapi membantah melakukan kesalahan, dilansir dari BBC, Ahad (25/8). Pasangannya yang sudah pisah ranjang, Summer Worden, dilaporkan mengajukan pengaduan ke Komisi Perdagangan Federal. McClain telah kembali ke Bumi.

Astronot itu mengatakan kepada media melalui seorang pengacara bahwa dia hanya memastikan bahwa keuangan keluarga sudah tertib. Juga ada cukup uang untuk membayar tagihan dan merawat putra Worden, yang telah mereka besarkan bersama sebelum perpisahan mereka.

"Dia dengan keras menyangkal bahwa dia melakukan sesuatu yang tidak pantas," kata pengacaranya, Rusty Hardin, menambahkan bahwa McClain benar-benar bekerja sama.

McClain dan Worden, yang adalah seorang perwira intelijen Angkatan Udara, menikah pada tahun 2014 dan Worden mengajukan gugatan cerai pada tahun 2018. Para penyelidik dari Kantor Inspektur Jenderal NASA telah menghubungi keduanya karena tuduhan tersebut.

McClain lulus dari akademi militer West Point yang bergengsi dan terbang lebih dari 800 jam pertempuran di Irak sebagai pilot Angkatan Darat. Dia kemudian memenuhi syarat sebagai pilot uji dan terpilih untuk terbang ke NASA pada tahun 2013.

Dia menghabiskan enam bulan di ISS dan telah menjadi fitur dalam spacewalk wanita. Tetapi perannya dibatalkan pada menit terakhir karena ukuran pakaian astronot yang tidak sesuai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA