Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Foto Lubang Hitam Diganjar Hadiah Rp 42,4 Miliar

Jumat 06 Sep 2019 12:25 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih

Foto lubang hitam pertama yang berhasil ditangkap ilmuwan.

Foto lubang hitam pertama yang berhasil ditangkap ilmuwan.

Foto: AP
Hadiah dibagikan kepada 347 anggota EHT yang ikut berkolaborasi untuk foto tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Foto lubang hitam atau black hole diganjar hadiah Rp 42,4 miliar. Foto tersebut diambil pada April 2019 lalu.

Baca Juga

Adalah Event Horizon Telescope ( eht ) yang berhasil mengambil bentuk lubang hitam di galaksi Messier 87. Tempat tersebut berada sekitar 55 juta tahun cahaya dari bumi.
 
Hadiah tersebut akan dibagikan secara merata kepada 347 anggota EHT yang ikut berkolaborasi dalam proses pengambilan gambar tersebut. Sementara, penghargaan itu diinisiasi oleh miliader Rusia Yuri Milner pada 2012 lalu. Dia bekerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi semisal pimpinan Facebook dan Google Mark Zuckerberg serta Sergey Brin.
 
"Dua dekade lalu kami mulai mencari apa yang tidak bisa dilihat dan saat ini semua usaha itu terbayar," kata Direktur EHT Shep Doeleman seperti diwartakan Nature, Jumat (6/9).
 
Gambar yang ditangkap EHT memperlihatkan lubang hitam dan aktivitas horizon di sekelilingnya. Foto itu memperlihatkan adanya peristiwa kosmik berbentuk cincin itu terjadi akibat materi panas saat melintasi lubang hitam tersebut.
 
"Perasaan yang sangat fantastis dapat mendapatkan penghargaan. Ini pertama kali kita bisa melihat objek ekstrim dan aneh dengan mata kepala kita sendiri," kata Astrophysicist di North Carolina State University in Raleigh, Katie Mack.
 
 
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA