Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Konsumsi Makanan Ini Bisa Cegah Gigitan Nyamuk

Selasa 30 Jul 2019 16:23 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih

Bawang putih

Bawang putih

Foto: Antara/Arnas Padda
Konsumsi makanan tertentu dapat mencegah gigitan nyamuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gigitan nyamuk tidak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga berisiko menimbulkan penyakit yang lebih serius. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menandai virus West Nile sebagai penyebab utama penyakit yang ditularkan nyamuk di AS.

Selama ini orang mungkin menggunakan krim anti nyamuk sebagai salah satu cara menangkal gigitan nyamuk. Sebenarnya ada cara alami yakni mengonsumsi makanan tertentu untuk menghindari gigitan serangga kecil tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah gigitan nyamuk dilansir Medical News.

1. Serai

Salah satu bahan yang paling umum dan dikenal sebagai penangkal nyamuk adalah serai. Serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut.

Para ahli dan ilmuwan medis menyarankan agar mengoleskan serai pada kulit atau mengonsumsinya. Hal itu bisa menjadi upaya untuk mengusir nyamuk.

Serai juga memiliki rasa yang cukup enak. Selain itu, ukurannya juga tidak terlalu besar. Ada begitu banyak cara untuk mengonsumsinya seperti menambahkan dan mencelupkannya ke dalam teh. Serai bisa juga dijadikan sebagai pelengkap untuk hidangan kari.

2. Jeruk bali merah

Buah ini mengandung senyawa yang dikenal sebagai nootkatone. Awalnya, studi menunjukkan nootkatone sangat efektif dalam menangkal gigitan kutu. Para ilmuwan pun menggunakan jeruk ini sebagai sarana untuk memerangi meningkatnya penyebaran penyakit lyme serta penyakit yang ditularkan melalui kutu lainnya.

Sampai sekarang, belum ada penelitian yang menyarankan jeruk bali merah dibutuhkan untuk mengusir nyamuk. Meskipun demikian, jeruk ini tetap bisa dipercaya ampuh menangkal gigitan nyamuk. Jeruk bisa dimakan saat sarapan harian atau menjadi hidangan penutup. Kulit jeruk juga bisa dioleskan pada kulit.

3. Bawang putih

Bawang putih menawarkan kemampuan anti nyamuk dan mengusir serangga lainnya. Kandungan allicin di dalamnya dianggap sebagai komponen aktif yang yang mampu mengusir serangga. Caranya, bawang putih harus dihancurkan terlebih dulu agar aromanya tercium serangga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA