Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Begini Loh Resep Rahasia Youtubers Raup Cuan, Mau?

Selasa 03 Sep 2019 18:25 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Begini Loh Resep Rahasia Youtubers Raup Cuan, Mau?. (FOTO: Unsplash/Christian Wiediger)

Begini Loh Resep Rahasia Youtubers Raup Cuan, Mau?. (FOTO: Unsplash/Christian Wiediger)

Beberapa metode hanya bisa diterapkan saat saluran Youtube sudah sangat populer.

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta -- Mau cari cuan lewat Youtube bak para influencer yang hilir-mudik di akun media sosial? Ternyata, ada banyak metode yang bisa dilakukan loh. Apa saja ya?

Memang, beberapa metode hanya bisa diterapkan saat saluran Youtube sudah sangat populer, seperti milik Atta Halilintar. Namun, jangan bersedih hati karena saluran dengan pengikut lebih kecil pun dapat menghasilkan uang tunai, jika orang menikmati konten Anda.

Catatan penting yang harus selalu diingat: pastikan untuk selalu mengungkapkan fakta kepada para pemirsa. Berdasarkan persyaratan dan ketentuan dari Youtube yang dikutip dari TechRadar (3/9/2019), inilah jejeran cara untuk menghasilkan cuan lewat video tayangan YouTube:

Baca Juga: Diisukan 'Tiduri' DJ Bebby Fey di Hotel, Atta Halilintar Tunjuk Pengacara

1. AdSense

Ini merupakan cara termudah untuk meraup uang di Youtube, tapi saluran Anda harus populer. Nantinya, Anda bisa memperoleh potongan kecil dari iklan yang tampil di video.

Sebelumnya, Anda juga harus bergabung dengan Program Mitra Youtube dengan beberapa syarat, yakni: taat pada kebijakan program, tinggal di negara tempat berjalannya program, memiliki riwayat menonton lebih dari 4 ribu jam dalam lima bulan terakhir, memiliki lebih dari seribu pelanggan, memiliki akun Google AdSense.

Jika akun Anda belum memenuhi syarat tentang jam tontonan dan jumlah pelanggan, Anda masih tetap bisa mengajukan proses monetisasi di menu "Creator Studio" untuk ditinjau melalui sistem dan kru Youtube. 

Baca Juga: Youtuber Jerome Polin Motivasi Anak Muda Medan

2. Menjual barang (merchandise)

Program tersebut merupakan kolaborasi antara Youtube dan Teespring, perusahaan yang berfokus pada produksi kaus promosi, jaket, mug, dan barang-barang lainnya.

Sama seperti Adsense, Anda juga perlu bergabung dengan Program Mitra Youtube. Sementara jumlah pelanggan Anda harus mencapai 10 ribu, dan reputasinya harus bersih.

Namun, sebagai kreator, Anda harus mendesain barang dagangan sendiri, lalu mengunggah karya ke Design Launcher. Teespring akan membuatkan barang saat ada pesanan, kemudian mengirimnya ke pelanggan. Keuntungan akan dibagi dua antara Anda dan platform.

Jika pelanggan masih berada di bawah 10 ribu, kreator bisa memanfaatkan situs seperti Spreadshop dan Spreadshirt (khusus Inggris). Sayangnya, karena situs itu tidak terintegrasi dengan Youtube, kreator harus memasarkan produknya sendiri.

Baca Juga: Ini Dia Kreator Indonesia yang Didelegasikan Bekraf ke Amerika

4. Program afiliasi

Bila sering menampilkan merek dalam videonya, ada baiknya Anda mencari tahu program afiliasi toko. Beberapa program terbuka untuk siapapun, tetapi sebagian lagi meminta Anda membuktikan, saluran Anda memiliki pemirsa yang cukup. Afiliasi Amazon menjadi salah satu program yang mudah diikuti.

Singkatnya, Anda menjadi pengiklan bagi produk itu. Bayaran yang akan diterima bergantung pada jumlah pemirsa tiap kreator.

Baca Juga: Atta Halilintar Alami Kerugian Fantastis Soal Gelar 'YouTuber Terkaya' 

5. Patreon

Patreon merupakan metode urun dana dari penggemar untuk mendukung para kreator favorit. Jika Anda memiliki pemirsa yang bersedia membantu menutupi biaya pembuatan konten, cara ini yang paling tepat.

Uang yang dihimpun melalui Patreon dapat digunakan untuk pengeluaran umum Anda atau pembuatan konten khusus sebagai timbal balik bagi pelanggan Anda yang membayar.

Patreon tidak gratis, ada berbagai biaya yang diperlukan untuk menyiapkan akun Anda. Namun, karena ada sistem berlangganan di dalamnya, platform itu ingin memastikan Anda menerima pemasukan tertentu tiap bulannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA