Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Diskar Kabupaten Bandung Banyak Tangani Sarang Lebah

Senin 02 Sep 2019 10:34 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani

Tawon.

Tawon.

Foto: Sciencing
Dalam sebulan ada 7-10 laporan dan penanganan sarang tawon

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG - Dinas Pemadam dan Kebakaran (Diskar) Kabupaten Bandung mengungkapkan periode Januari hingga September 2019 terdapat 253 kejadian kebakaran. Dari total tersebut, pemadaman atau penyelamatan yang bisa dilakukan mencapai 190 kejadian hingga Agustus.

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, Bima mengungkapkan pemicu kebakaran yang terjadi di musim kemarau dikarenakan pembakaran sampah yang ditinggalkan serta puntung rokok yang dibuang sembarangan.

"Selain material bangunan, di musim kemarau banyak alang-alang yang terbakar," ujarnya, Senin (2/8).

Ia mengungkapkan, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih teliti saat membakar sampah dan tidak meninggalkan dalam keadaan menyala. Selain itu, tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Sementara itu, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kota Cimahi juga fokus pada permasalahan lain. Salah satunya yakni pembersihan sarang lebah yang menempel di dinding rumah warga. Keberadaan sarang lebah tersebut dikhawatirkan mengancam keselamatan.

"Sebulan ada 7-10 laporan dan penanganan sarang tawon diameter 50 cm yang masuk ke Damkar Kota Cimahi. Kita cukup sering menangani pemusnahan sarang tawon," ungkap Komandan Regu (Danru) I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi.

Menurutnya, pihaknya saat mendapatkan laporan terus membuat survei dan langsung melakukan evakuasi serta pemusnahan sarang lebah. Teknik yang dilakukan katanya dengan pembiusan. Sementara peralatan yang digunakan bensin, golok dan karung.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA