Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

6 Penyebab yang Bikin Hp Lola, ini Tips Praktis untuk Mengatasinya

Sabtu 24 Agu 2019 06:30 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Karyawan menata Handphone/Smartphone disalah satu gerai di Jakarta, Kamis (7/4).

Karyawan menata Handphone/Smartphone disalah satu gerai di Jakarta, Kamis (7/4).

Foto: Republika/Prayogi
Lola atau loading lama merupakan salah satu permasalahan pada handphone.

Lola atau loading lama merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada handphone atau Hp. Coba bayangkan jika Hp tiba-tiba lola saat kamu sedang asik berselancar di sosial media, pasti kamu akan merasa kesal, bukan? Hp secanggih apapun suatu saat bisa saja lola jika kamu tidak merawatnya dengan baik. 

Lalu, apa saja yang menyebabkan Hp lemot dan bagaimana tipsnya yang bisa dilakukan? Kamu tentunya perlu simak penjelasannya di bawah ini yang telah dirangkum oleh Cermati.com.

 

Penyebab dan Tips  Atasi Hp Lola

1. Aplikasi yang di instal terlalu banyak

hp

Aplikasi yang diinstal terlalu banyak

Berapa jumlah aplikasi yang saat ini terinstal di Hp-mu? Jika jumlah aplikasinya terlalu banyak, wajar jika Hp mulai lemot secara perlahan. Kinerja Hp akan bertambah parah ketika kamu tidak berhenti menginstal aplikasi baru di Hp.

Tips: Untuk itu, batasi jumlah aplikasi yang ada di Hp. Instal aplikasi yang sering dipakai, sedangkan aplikasi yang jarang dipakai lebih baik dihapus. Selain mempercepat kinerja Hp, memori penyimpanan juga akan bertambah ketika aplikasi terhapus.

2. Memori penyimpanan mulai menipis

Memori penyimpanan Hp akan berkurang secara otomatis saat kamu menginstal aplikasi baru. Ketika memori mulai menipis, kinerja Hp otomatis akan lemot karena ruang untuk menampung aplikasi yang berjalan tidak tersedia lagi. 

Tips: Agar kapasitas penyimpanan tidak terlalu padat, kamu bisa melakukan factory reset, dimana pembaruan pada aplikasi akan dihapus untuk mengembalikannya ke aplikasi pabrik atau bawaan Hp. Sebelum melakukan tindakan ini, simpan aplikasi dan file-file yang penting agar tidak ikut terhapus bersamaan dengan aplikasi yang ingin direset.

Baca Juga: Rekomendasi Flagship Terbaru 2019 Buat Kamu yang Mau Ganti HP

3. Hp terkena virus

virus

Hp terkena virus

Virus muncul dari situs atau link alternatif yang dibuka di internet. Jika kamu tidak memperhatikan kredibilitas situs yang dibuka, maka Hp milikmu akan terkena virus yang otomatis akan mengurangi kecepatan kinerjanya. 

Tips: Agar virus tidak merusak file-file penting, usahakan untuk mengunduh aplikasi lewat App Store atau Play Store. Aplikasi yang diinstal di sini sudah dijamin baik. Selain itu, pasang pula aplikasi anti virus di Hp kesayanganmu. Apabila aplikasi atau link yang ingin dibuka mengandung virus, maka aplikasi anti virus akan mengirimkan notifikasi otomatis agar kamu tidak melanjutkan proses pengunduhan.

4. Aplikasi yang aktif menumpuk di background

Dalam satu hari, ada banyak aplikasi yang kamu buka secara berulang-ulang. Hal ini menjadi salah satu penyebab kenapa kecepatan Hp berkurang. Meskipun sudah tidak digunakan, aplikasi yang sudah dibuka tadi akan terus aktif. Hanya saja, tempat pengaktifannya di background Hp, bukan di layar utama. 

Tips: Setelah membuka sebuah aplikasi, cobalah untuk menutupnya kembali. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menekan menu home, lalu menghapus aplikasi yang sudah dibuka secara satu per satu. Cara ini tidak hanya berguna untuk menambah kecepatan kinerja Hp, tapi juga menambah ruang penyimpanan.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

5. Terjadi degradasi memori 

memori

Terjadi degradasi memori

Degradasi memori terjadi karena kamu sering menggonta-ganti memori atau sistem operasi dalam rangka menambah kecepatan. Bukannya menambah kecepatan, yang ada kinerja Hp akan menurun secara perlahan. Akibatnya Hp menjadi lola atau bahkan hang jika kamu melakukan hal yang sama terus-menerus.

Tips: Proses degradasi memori memakan waktu yang lumayan lama. Efek kerusakannya mungkin tidak terlihat dalam satu atau dua bulan ke depan, tapi dalam kurun waktu bertahun-tahun. Meski begitu, sebaiknya hindari pergantian memori dalam waktu singkat agar Hp tetap terjaga dan terawat dengan baik. 

6. Aplikasi tidak pernah diperbarui

Sama seperti sistem operasi, aplikasi yang sudah diinstal juga perlu diperbarui secara berkala. Informasi tentang pembaruan aplikasi akan muncul secara otomatis pada layar utama atau saat kamu membuka Play Store dan App Store. Pembaruan tidak hanya untuk mempertahankan kecepatan Hp saja, tapi juga memungkinkan kamu untuk menikmati fitur-fitur terbaru yang ada pada sebuah aplikasi.

Tips: Jangan malas memperbarui aplikasi apabila notifikasi pembaruan muncul. Jika kamu tidak ingin kuota internet habis, cari tempat yang memiliki wifi. Selain menghemat kuota, laju internetnya juga lebih kencang sehingga proses pembaruan lebih cepat.

Pertimbangkan Sistem Operasi dan Kapasitas Penyimpanan Hp

Lola atau tidaknya sebuah Hp tidak lepas dari sistem operasi dan kapasitas penyimpanan yang disematkan pada Hp itu sendiri. Sebelum membeli Hp, pastikan sistem operasi yang digunakan adalah sistem terbaru dan memiliki kapasitas RAM yang besar. Di samping itu, kamu juga perlu merawat dan menyayangi Hp milikmu kalau kamu ingin kecepatannya tetap stabil sampai bertahun-tahun.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Kredit HP Daripada Beli Lunas

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA