Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Warganet Terbelah, Ini Gambar Burung atau Kelinci?

Rabu 21 Aug 2019 15:23 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Ilusi optik yang viral di dunia maya membuat warganet menerka-nerka, apakah itu burung atau kelinci.

Ilusi optik yang viral di dunia maya membuat warganet menerka-nerka, apakah itu burung atau kelinci.

Foto: Tangkapan layar Twitter
Tantangan menerka gambar ilusi optik kembali membuat warganet terbelah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warganet tampaknya masih menyukai permainan ilusi optik dengan berbagai bentuk. Setelah beberapa waktu lalu banyak yang berdebat tentang baju, kali ini seekor hewan dipertanyakan spesiesnya.

Seorang warganet Imgur HorseonaBike berbagi video tentang seekor binatang yang mirip dengan dua bentuk hewan. Akun Imgur membagikan videonya di Twitter yang membuat bingung pengguna lain karena dalam video itu terlihat sosok binatang yang mirip kelinci atau burung.

Pengguna Twitter @dsquintana juga berbagi video, mengumpulkan lebih dari 7.000 retweet dan hampir 30 ribu akun menyukainya. Warganet lain mencoba menebak jenis satwa itu dari bentuk binatang yang diperlihatkan.

Seperti dilaporkan Insider, ketika dilihat dari sisi depan akan tampak burung berwarna hitam sedang melebarkan paruhnya. Namun, dari sisi lain itu terlihat seperti seekor kelinci yang sedang menikmati elusan dari manusia.

Tipuan video ini mirip dengan ilusi bebek-kelinci yang pertama kali diterbitkan di majalah Jerman pada tahun 1892. Ilusi tersebut kemudian digunakan oleh Joseph Jastrow pada tahun 1899 dalam penelitiannya tentang persepsi.

Ilusi optik yang menampilkan dua hal berbeda tergantung pada bagaimana seseorang melihatnya. Konsep ini dikenal sebagai gambar yang ambigu atau gambar yang dapat dibalik.

Dalam kasus video viral ini, hewan itu tampak seperti burung karena posisi "telinga" yang dimiliki oleh kelinci. Telinga kelinci ada di sisi kepala, tidak satu di belakang yang lain, sehingga terlihat seperti seekor burung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA