Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Empat Tip Memanfaatkan Sisa Kopi

Rabu 31 Jul 2019 12:21 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Secangkir kopi hitam

Secangkir kopi hitam

Foto: pexels
Asam dari kopi berguna untuk menyuburkan tanaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda senang meracik sendiri kopi di rumah, jangan buang dulu ampas kopi Anda. Ampas kopi tidak perlu dibuang siang-siang karena memiliki sejumlah manfaat.

Bukan cuma ampasnya, sisa minuman kopi juga bisa dimanfaatkan. Dilansir dari Indian Express, Rabu (31/7), berikut empat tip memanfaatkan limbah atau sisa kopi dengan baik, yang bisa dilakukan dengan mudah.

Campuran adonan kue
Saat memmbuat kue, sisa kopi dapat digunakan sebagai pengganti air dalam adonan kue. Campuran kopi ini sangat baik digunakan untuk kue cokelat. Selain itu, adonan kue brownies juga cocok dicampur oleh sisa kopi.

Es krim kopi.
Hal yang paling mudah untuk memanfaatkan sisa kopi adalah dengan membuatnya menajdi es krim kopi. Caranya, adalah dengan mencampurkan sisa kopi dengan susu, krim, dan gula.

Setelah tercampur, simpan adonan ke dalam pembeku di lemari es. Setelah beberapa jam, es krim kopi siap dinikmati untuk siang yang panas.

Sirami tanaman dengan kopi
Jika terlalu malas untuk membuat makanan dengan menyampurkan sisa kopi, cara ini bisa dilakukan. Tanaman akan tumbuh lebih baik dengan asupan asam dari kopi itu.

Pupuk sisa kopi
Ampas kopi bisa digunakan untuk pengomposan sehingga menjadi pupuk. Pupuk yang dihasilkan nantinya akan lebih baik dan kaya asam.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA