Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

5 Cara Cegah Aplikasi Android Raih Data Anda (2-Habis)

Selasa 09 Jul 2019 13:26 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Pengguna ponsel.

Pengguna ponsel.

Foto: EPA
Cara manual cegah android dapatkan data bisa diatur di foto hingga lokasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian mengungkapkan lebih dari 1.000 aplikasi Android dapat mengumpulkan data-data pengguna. Bahkan, jika pengguna menolak akses aplikasi tersebut untuk mendapatkan data mereka.

Baca Juga

Temuan ini menjadi hal serius saat banyak orang di zaman ini menggunakan berbagai teknologi yang terhubung dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Seperti Facebook, Google, dan Amazon yang telah diawasi khususnya terkait kebijakan privasi, serta keamanan yang dimiliki perusahaan-perusahaan tersebut.

Dilansir Cnet, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersulit aplikasi tersebut melihat informasi yang Anda tidak diinginkan.

3. Pindai virus dan kelemahan lainnya

Google Play Protect memindai semua aplikasi yang Anda miliki untuk mengidentifikasi potensi berbahaya. Bahkan, aplikasi yang paling terpercaya dapat mengembangkan kelemahan dan bisa dieksploitasi oleh peretas.

Jadi, sebaiknya Anda memindai aplikasi di ponsel atau gadget pintar lainnya secara berkala untuk memastikan aplikasi Anda aman. Berikut cara yang bisa dilakukan:

A. Buka aplikasi pengaturan di ponsel atau gadget android.

B. Pilih keamanan.

C. Pilih Google Play Protect.

Dari sana, Anda akan melihat semua aplikasi yang telah dipindai, termasuk yang dicurigai berbahaya. Jika demikian, maka Anda harus berhenti menggunakan aplikasi tersebut dan menghapusnya dari ponsel atau gadget Anda terlebih dahulu.

4. Matikan pengaturan lokasi Anda

Sejumlah besar pelacakan dan pengambilan data diketahui berasal dari pengaturan lokasi yang digunakan. Jadi, sebaiknya pengguna mematikan pengaturan ini.

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan :

A. Buka aplikasi Pengaturan ponsel atau gadget android Anda.

B. Pilih lokasi.

C. Pilih pengaturan lokasi Google.

D. Geser pilihan matikan untuk pelaporan lokasi dan riwayat lokasi.

Selain cara-cara diatas, Anda juga dapat melangkah lebih jauh dengan menghapus semua riwayat lokasi yang ada. Jika perlu mengaktifkan lokasi, maka Anda dapat mengaktifkannya secara manual dan mematikannya lagi setelah selesai.

5. Mematikan data lokasi

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mencegah pengintaian data tersebut adalah dengan mematikan data lokasi di foto Anda. Berikut cara yang perlu dilakukan :

A. Buka aplikasi foto ponsel android Anda.

B. Pilih menu dan pengaturan.

C. Pilih hapus lokasi geografis.

Selain itu, Anda juga dapat mematikan lokasi masing-masing foto di aplikasi foto dengan membuka foto. Pertama dengan mengklik tiga titik yang ditumpuk, pilih info dan pilih ‘no location’ atau buka submenu di bawah peta dan klik ‘remove location’.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA