Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Semarak Program Science In House Training di Ruko KPM

Ahad 07 Jul 2019 13:19 WIB

Red: Gita Amanda

Para peserta Science In House Training (SIHT) yang digelar Klinik Pendidikan MIPA.

Para peserta Science In House Training (SIHT) yang digelar Klinik Pendidikan MIPA.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Program SIHT merupakan program pengembangan minat dan bakat di bidang IPA.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ruko Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Laladon beberapa waktu lalu dihiasi wajah ceria anak-anak. Suasana makin meriah dengan riuh rendah suara anak-anak yang sedang belajar IPA di ruang kelas.

Mereka belajar bersama, tertawa bersama, melakukan praktikum bersama, dan menikmati sajian pembelajaran IPA bertajuk Science In House Training (SIHT) yang dipandu para pelatih dari tim Litbang IPA Read1 Institute. Program Science In House Training (SIHT) merupakan program pengembangan minat dan bakat anak-anak Indonesia di bidang IPA yang diselenggarakan bagi siswa kelas 4 – 6 SD dan kelas 7 – 9 SMP.

Baca Juga

Program SIHT bertujuan untuk menguatkan pemahaman anak terkait materi dasar dan materi pengembangan IPA, mengasah keterampilan berpikir anak dalam menyelesaikan soal-soal IPA berbasis Higher Order Thinking Skill, melatih kemandirian dan sikap tanggung jawab anak, melatih sikap ilmiah anak, serta membangun kebersamaan dan menjalin persahabatan di antara sesama peserta yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda.

Ina Ana Khoeriah, Kepala Divisi Litbang IPA di Read1 Institute memaparkan, SIHT merupakan program pembinaan bagi siswa-siswi SD dan SMP di bidang IPA dengan menggunakan pendekatan Sains Nalaria Realistik (SNR). Fokus utama dari kegiatan SIHT adalah melatih daya nalar anak. Salah satu kegiatan yang selalu menarik perhatian bagi anak-anak dalam progam SIHT adalah praktikum.

“Kegiatan praktikum dirancang untuk mengembangkan keterampilan proses sains yang erat kaitannya dengan keterampilan bernalar dan memecahkan masalah dalam konteks

pembelajaran IPA,” ujar Team Leader Tim KPM-Indonesia di ajang International Science Competition 2018 di Malaysia.

Hanif Alfarizki Pratama, salah satu peserta SIHT mengungkapkan perasaan gembiranya bisa turut serta di acara SIHT. Halim mengaku memiliki banyak teman baru dan semakin bertambah ilmunya.

“Pokoknya acaranya seru. Belajar di sini menyenangkan, apalagi pas kegiatan praktikum,” ungkap siswa SDI Al Azhar 44 Summarecon Bekasi.

Hal serupa dituturkan Halim Rizqullah. Siswa asal Sumatera Barat ini membuatnya semakin suka belajar IPA. Menurutnya, tempat acara SIHT bagus dan nyaman. Salah satu yang menarik dari kegiatan SIHT adalah aktivitas praktikumnya.

“Saat melakukan eksperimen, kita harus bekerja sama dan senang rasanya saat berhasil melakukan eksperimen secara bersama-sama," urai siswa yang bercita-cita jadi dokter ini, penuh antusias.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA