Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Science In House Training, Kembangkan Potensi Anak di IPA

Kamis 04 Jul 2019 20:40 WIB

Red: Gita Amanda

 Read1 Institute menggelar program Science In House Training (SIHT) di ruko Klinik Pendidikan MIPA.

Read1 Institute menggelar program Science In House Training (SIHT) di ruko Klinik Pendidikan MIPA.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Program SIHT bertujuan menguatkan pemahaman pada materi dasar dan pengembangan IPA.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setiap anak Indonesia memilki hak untuk dikembangkan potensi dirinya di berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali anak-anak Indonesia yang memiliki potensi di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk memfasilitasi pengembangan minat dan bakat anak Indonesia di bidang IPA, Read1 Institute menggelar program Science In House Training (SIHT) di ruko Klinik Pendidikan MIPA Laladon pada tanggal 3-4 Juli 2019 (kelas 4-6 SD) dan tanggal 4-5 Juli 2019 (kelas 7-9 SMP).

Baca Juga

Program SIHT bertujuan untuk menguatkan pemahaman anak pada materi dasar dan materi pengembangan IPA, mengasah keterampilan berpikir anak dalam menyelesaikan soal-soal IPA berbasis Higher Order Thinking Skill. Juga melatih kemandirian dan sikap tanggung jawab anak, melatih sikap ilmiah anak, serta membangun kebersamaan dan menjalin persahabatan di antara sesama peserta yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda.      

Kepala Divisi Litbang IPA di Read1 Institute Ina Ana Khoeriah memaparkan, SIHT merupakan program pembinaan bagi siswa-siswi SD dan SMP di bidang IPA dengan menggunakan pendekatan Sains Nalaria Realistik (SNR). Fokus utama dari kegiatan SIHT adalah melatih daya nalar anak. Salah satu kegiatan yang selalu menarik perhatian bagi  anak-anak dalam progam SIHT adalah praktikum.

“Kegiatan praktikum dirancang untuk mengembangkan keterampilan proses sains yang erat kaitannya dengan keterampilan bernalar dan memecahkan masalah dalam konteks pembelajaran IPA,” ujar Deputy Leader Tim KPM-Indonesia di ajang International Mathematics Science Olympiad 2018 di Zhejiang, Cina.

photo

Read1 Institute menggelar program Science In House Training (SIHT) di ruko Klinik Pendidikan MIPA .

Program SIHT senafas dengan semangat pendidikan STEM. Dalam konteks pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), pembelajaran yang disajikan berbasis pemecahan masalah dengan mengedepankan penyelidikan ilmiah sebagai bentuk pemecahan masalah. Pada program SIHT, anak-anak dituntun dan dilatih agar menjadi pemecah masalah, pemikir logis, pemikir kreatif, komunikator, dan kolaborator andal melalui berbagai aktivitas sains.

Hal ini sejalan dengan upaya melatih keterampilan hidup di abad 21. Selain itu, program SIHT pun memiliki kontribusi positif dan penting untuk mengembangkan pembelajaran IPA yang bermakna bagi anak-anak Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA