Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Whatsapp dan Instagram Down Jadi Trending Topic

Kamis 04 Jul 2019 00:55 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ani Nursalikah

Aplikasi Whatsapp (ilustrasi).

Aplikasi Whatsapp (ilustrasi).

Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Pengguna Whatsapp kesulitan mengunduh foto dan video.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform perpesanan Whatsapp mengalami eror, Rabu (3/7) malam. Beberapa pengguna tak bisa membuka kiriman pesan foto, video, dan pesan suara.

Menurut pantauan Republika.co.id sampai Kamis (8/7) dini hari, aplikasi ini masih tak bisa mengunduh kiriman foto dan video. Pada saat akan membuka foto, notifikasi pop-up muncul di layar ponsel memberitahukan pengunduhan foto mengalami kegagalan.

Notifikasi itu juga menyarankan pengguna meminta gambar dikirim lagi. Akan tetapi, ketika dilakukan, masih tidak berhasil.

Hal itu juga terjadi pada saat Republika.co.id mencoba mengirimkan pesan suara kepada pengguna lainnya. Perpesanan suara itu ternyata juga tak dapat diunduh oleh pengguna lain.

Begitu juga sebaliknya, ketika Republika.co.id mencoba mengunduh sebuah pesan suara dari pengguna lain. Notifikasi pop-up kembali keluar dan menyebut konten gagal diunduh.

Namun ternyata, tak hanya itu, kerusakan itu juga terjadi di jejaring media sosial Instagram. Fitur Story pada Instagram juga tak bisa diunduh dan dibuka oleh para pengguna.

Baca Juga

Hal ini kemudian menuai berbagai respons dari warganet di media sosial, terutama di Twitter. Trending dengan tagar #Instagramdown pun menempati trending urutan pertama di daftar topik tren pertama Indonesia.

Dilansir di The Independent, keluhan ini ternyata tak hanya ada di Indonesia. Banyaknya keluhan ini pun datang dari Inggris dan Amerika Selatan, menurut situs pelacakan pemadaman Down Detector.

Dilansir di laman BBC, kerusakan ini juga merambah ke jejaring sosial Facebook. Dalam laporannya, seorang juru bicara dari Facebook yang memiliki ketiga aplikasi Facebook, Whatsapp, dan Instagram mengatakan tengah memperbaiki kerusakan itu.

"Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya secepat mungkin,” ungkap dia kepada BBC.

Lalu, akun Twitter resmi Instagram juga mengunggah sebuah tweet yang meminta maaf kepada pengguna perihal kerusakan ini. "Kami menyadari beberapa orang memiliki permasalahan dalam mengunggah atau mengirim foto dan video di Instagram. Kami menyesal akan hal itu, dan kami sedang mengusahakan segalanya agar kembali normal secepat mungkin," tulis Instagram.

Uniknya, atas kejadian ini, banyak warganet yang kemudian beralih bermain Twitter karena tak bisa mengakses ketiga jejaring sosial tersebut. Beragam meme lucu pun diunggah oleh warganet dalam topik trending #Instagramdown.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA