Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

12 Fakta Mencengangkan Seputar Alam Semesta, Sudah Tahu?

Kamis 31 Jan 2019 13:02 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Luar Angkasa

Luar Angkasa

Foto: ap
Dengan pengetahuan saat ini, manusia belum mampu tahu jumlah pasti bintang di langit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia mungkin sudah pernah menjelajah bulan dan akan menjelajah planet Mars dalam waktu dekat. Namun, masih ada banyak sekali misteri di luar angkasa yang belum terjamah oleh kemampuan manusia saat ini.

Di antara ribuan bahkan mungkin jutaan misteri seputar luar angkasa, ada beragam fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah 12 fakta menarik yang dapat menambah kekaguman Anda terhadap luar angkasa seperti dilansir Mashable.

Bintang Neutron Dapat Berotasi 600 Kali per Detik

Bintang neutron merupakan bintang yang lahir dari ledakan supernova yang dialami bintang besar di angkasa. Bintang neutron bisa berotasi sebanyak 60 kali per detik setelah dilahirkan. Dalam kasus tertentu, bintang neutron dapat berotasi lebih dari 600 kali per detik.

Luar Angkasa Sangat Sunyi

Gelombang suara membutuhkan medium untuk bisa 'berpergian'. Akan tetapi, luar angkasa tidak memiliki medium yang bisa digunakan gelombang suara untuk bergerak. Akibatnya, luar angkasa menjadi hamparan luas yang sangat sunyi tanpa suara.

Jumlah Bintang tak Terhitung

Dengan pengetahuan yang dimiliki saat ini, manusia belum mampu mengetahui berapa jumlah bintang yang ada di alam semesta . Saat ini, manusia hanya bisa memperkirakan estimasi jumlah bintang di alam semesta berdasarkan estimasi jumlah bintang yang berada di galaksi kita sendiri yaitu Bima Sakti.

Dengan mengalikan estimasi jumlah bintang di Bima Sakti dengan jumlah perkiraan galaksi yang ada di alam semesta, NASA mengatakan ada zilion-an jumlah bintang yang tak terhitung di alam semesta. Penelitian dari Australian National University mengestimasi ada 70 sextillion bintang di alam semesta. 70 sextillion setara dengan 70.000.000.000.000.000.000.000.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA