Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

'Surat Tuhan' Einstein Terjual Rp 41 Miliar

Rabu 12 Dec 2018 02:27 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Dwi Murdaningsih

Albert Einstein

Albert Einstein

Foto: ist
Surat Einstein sebagai tanggapannya terhadap buku tentang spiritualitas Yahudi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sebuah surat yang ditulis langsung Albert Einstein pada 1954 laku terjual di rumah lelang Christie's di New York, Selasa (4/12) lalu. Surat itu dikenal sebagai 'Surat Tuhan' karena Einstein menuliskan pandangannya tentang Tuhan dan agama.

Dilansir Associated Pers News, tak tanggung-tanggung, 'Surat Tuhan' berbahasa Jerman itu terjual dengan harga hampir 2,9 juta dolar AS. Apabila dikonversikan ke rupiah setara dengan lebih dari Rp 41 miliar (1 dolar AS = Rp14.448,60).

'Surat Tuhan' ditulis Einstein setahun sebelum kematiannya. Sebenarnya, fisikawan pemenang Hadiah Nobel itu menulis surat tersebut ditujukan kepada filsuf Eric Gutkind. Einstein memberikan surat sebagai tanggapannya terhadap buku tentang spiritualitas Yahudi dan pengejaran sains yang ditulis Gutkind.

"Kata Tuhan bagi saya tidak lebih dari pengungkapan dan produk dari kelemahan manusia, Alkitab kumpulan legenda yang terhormat tetapi masih primitif," ujar Einstein dalam surat itu.

Selama masa hidup Einstein, ia selalu ditanyai mengenai keyakinan agamanya. Sementara itu, sebelumnya 'Surat Tuhan' pernah laku terjual pada 2008 di Bloomsbury Auctions London dengan harga 404 ribu dolar AS.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA