Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

India, Negara Tweet Kedua Terbanyak tentang Asian Games

Sabtu 08 Sep 2018 04:54 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Suasana pesta kembang api saat upacara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (2/9).

Suasana pesta kembang api saat upacara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (2/9).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
India menghasilkan 12 juta tweet, dan 1,8 juta membicarakan kesuksesan penutupan AG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penggemar olahraga india telah menghasilkan setidaknya lebih dari 12 juta tweet selama perhelatan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang dari 18 Agustus sampai 2 September. Isi cuitan didominasi euforia dan berbagi kegembiraan masyarakat India atas pencapaian atlet mereka.

Dilansir di Inside Sport, Sabtu (8/9), tingginya antusias pengguna media sosial Twitter tersebut membuat India menjadi ngara kedua teratas yang menghasilkan jumlah tweet tertinggi selama pelaksanaan Asian Games. Tuan rumah Indonesia berada di urutan teratas.

Banyak tokoh besar yang menggunakan akun Twitter mereka untuk membicarakan perhelatan asian games 2018 . Termasuk di antaranya Perdana Menteri India Narendra Modi, Menteri Olahraga India dan peraih medali Olimpiade, Rajyavardhan Rathore serta Asosiasi Olimpiade India. Secara umum, mereka memberikan apresiasi dan bahagia bisa menjadi bagian dari pelaksanaan Asian Games 2018.

Menurut data yang dibagikan Twitter, India menghasilkan 12 juta tweet sepanjang acara dengan 1,8 juta tweet di antaranya membicarakan kesuksesan upacara penutupan. Sementara Indonesia menjadi negara paling aktif di Twitter selama Asian Games 2018, Jepang, Korea dan Filipina mengikuti india untuk posisi ketiga, keempat dan kelima.

Badminton menjadi cabang olahraga yang paling banyak disebutkan di Twitter di antara 40 disiplin ilmu. Secara mengejutkan, seni bela diri, wushu dan sepak takraw yang jarang dibicarakan di media sosial justru lebih banyak disebut dibanding acara elit seperti gulat, tinju dan atletik. Untuk skala India, hoki juga banyak di-tweet, mengingat peraihannya atas medali perak (perempuan) dan perunggu (laki-laki).

Peningkatan penggunaan ponsel menjadi penyebab utama tingginya jumlah tweet terkait Asian Games 2018. Selain Twitter, Asian Games juga mendapat perlakuan khusus dari Google yang mengimplementasikan hasil pencarian khusus untuk perhelatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA