Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Ternyata Ada Beragam Cara Kirim SMS Lewat Komputer

Selasa 26 Jun 2018 16:54 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Android Message Tambah Fitur Pengganti SMS

Android Message Tambah Fitur Pengganti SMS

Foto: Dailymail
Ada beberapa cara kirim SMS lewat komputer yang ternyata mudah dilakukan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin sebagian orang tidak menyadari, perihal mengirim teks dari komputer yang sangat berguna dalam berbagai situasi. Mungkin Anda kehilangan ponsel dan perlu mengirim pesan ke seseorang, mungkin Anda melebihi batas teks bulanan, dan masih perlu menghubungi teman-teman.

Ada ratusan layanan online di luar sana yang akan menyelesaikan pekerjaan, tetapi tidak ada yang cukup sederhana dan dapat diandalkan seperti metode yang diuraikan di bawah ini, yang dilansir dari laman Digital Trends, Selasa (26/6):

 

Cara mengirim teks melalui iMessage Apple (iOS dan MacOS)

Meskipun iMessage sebelumnya hanya menangani iMessages, selanjutnya dari sistem operasi Apple termasuk opsi yang dirancang khusus untuk meneruskan pesan SMS langsung ke Mac atau perangkat iOS lainnya. Setelah disiapkan dengan benar, Anda akan dapat dengan cepat mengirim pesan dari komputer ke nomor yang dikenal menggunakan aplikasi Pesan di komputer.

Langkah 1: Untuk mengatur iMessage dan penerusan SMS di perangkat iOS, navigasikan ke menu utama "Pengaturan" dan ketuk "Pesan".

Langkah 2: Aktifkan "iMessage" dan pastikan Anda masuk ke akun iCloud yang sama dengan semua perangkat lain yang menggunakan Pesan. Selain itu, pastikan semua perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Langkah 3: Ketuk "Text Message Forwarding", alihkan  langsung dari perangkat Apple ke mana Anda ingin mengirim pesan SMS, lalu masukkan kode konfirmasi enam digit yang ditampilkan pada perangkat. Dengan melakukannya, maka akan mengonfirmasi bahwa Anda ingin mengirim, dan menerima pesan dari iPhone di Mac, dan mengonfirmasi bahwa Anda pemilik mesin tersebut.

photo

Pesan melalui IOS

 

Cara mengirim teks melalui Android Messages (Android)

Android Messages memungkinkan pemilik smartphone Android teks langsung dari antarmuka web, apa pun perangkat yang mereka gunakan. Ini berfungsi di desktop, laptop, atau bahkan perangkat iOS. Anda harus mengatur Android Message sebagai aplikasi default di ponsel Anda, jadi pastikan untuk melakukannya sebelum memulai.

Langkah 1: Buka beranda Android Messages.

Langkah 2: Buka aplikasi Android Messages di ponsel Anda.

Langkah 3: Ketuk ikon menu tiga titik dan pilih "Pesan untuk Web".

Langkah 4: Ketuk "Pindai kode QR" dan gunakan ponsel Anda untuk memindai kode QR dari beranda Android Messages. Ini akan menghubungkan perangkat dan browser, dan Anda akan melihat pesan dan kontak muncul di perangkat yang lain saat melakukan sinkronisasi.

Langkah 5: Gunakan antarmuka web untuk mengobrol dengan teman dan keluarga seperti yang Anda lakukan pada smartphone Android. Jika Anda ingin mempertahankan sinkronisasi antar perangkat sehingga Anda tidak perlu memindai kode QR setiap waktu, Anda dapat menekan tombol "Ingat komputer ini" untuk beralih di browser web.

photo

Pesan lewat sistem android

Cara mengirim teks melalui SMS gratis website

Ada beragam yang situs dirancang untuk mengirim pesan teks dari komputer ke nomor telepon yang dipilih sendiri. Sayangnya, banyak dari situs-situs tersebut mengharuskan Anda untuk mendaftar akun untuk menggunakan fitur mereka, atau, setidaknya, memberikan email yang valid untuk menerima respon. Mereka juga berjajar dengan spam, dan berpotensi menjual informasi jika Anda setuju untuk mereka persyaratan layanan yang Anda mungkin perlu untuk menggunakannya. 

Situs seperti Text 'EM, Send SMS Now, txt2day, A Free SMS semua dasarnya melakukan hal yang sama, tetapi harus benar-benar hanya digunakan sebagai pilihan terakhir. 

 

Mengirim teks melalui email 

Anda dapat mengirim SMS ke ponsel tanpa perlu sebuah layanan pihak ketiga, Anda dapat melakukannya secara langsung dalam klien email Anda. Anda dapat memberikan email pendek dalam bentuk pesan teks dengan menggunakan email untuk SMS Gateway

Namun Anda harus mengetahui nomor teleponnya, dan penyedia layanan, Anda dapat dengan mudah menemukan yang sesuai Gateway alamat yang akan meneruskan pesan. Dalam kasus lain, mengirim pesan mudah, Anda hanya menulis email seperti biasa, tapi bukan memasuki alamat email seseorang di penerima kotak, cukup memasukkan 10 digit nomor telepon dengan tepat @gateway alamat di belakangnya. Setelah itu, tekan kirim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA