Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

NASA Temukan Dua Sistem Tata Surya Baru Dekat Bumi

Sabtu 16 Jun 2018 02:47 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ani Nursalikah

Sistem tata surya.

Sistem tata surya.

Foto: ABC News
Kemungkinan planet-planet tersebut tak ramah untuk dihuni.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- nasa menemukan dua sistem tata surya baru yang dengan dengan tata surya tempat bumi berada. Salah satunya hanya berjarak 160 tahun cahaya dari Bumi dan mencakup tiga planet yang ukurannya sangat mirip dengan bumi.

Dikutip dari Independent, pekan lalu, salah satu dari ketiganya adalah ukuran yang persis sama dengan bumi dan yang lain hanya sedikit lebih besar. Tapi kemungkinan planet-planet tersebut tak ramah untuk dihuni karena suhunya yang hangat disebabkan posisi mereka yang dekat dengan bintang.

Namun, ada penemuan lain dari planet yang ditemukan tampaknya menunjukkan bisa lebih ramah daripada yang diduga. Sistem lainnya memiliki dua planet yang jauh lebih besar seperti sistem pertama dengan orbit red dwarf, dikenal sebagai Super Earth.

Planet itu ditemukan oleh misi K2 satelit Kepler milik Nasa. K2 mencari kemerosotan cahaya yang terjadi ketika sebuah planet lewat di depan bintangnya, dan memungkinkan ilmuwan menggunakan detail dari penurunan tersebut untuk mengetahui seperti apa bentuknya.

Para ilmuwan berharap menggunakan pengamatan lebih lanjut, untuk memahami lebih lanjut tentang atmosfer planet. Mereka juga dapat menggunakan teleskop lain untuk mengetahui lebih banyak sifat fisik dunia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA