Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Tesla Roadster Bisa Kontaminasi Mars

Selasa 06 Mar 2018 11:08 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

Tesla Roadster.

Tesla Roadster.

Foto: Dailymail
Mikroba yang muncul dari mobil listrik dan plastik bumi dapat bertahan jutaan tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, tesla Roadster milik miliyarder Elon Musk telah diluncurkan ke luar angkasa pada awal Februari lalu. Namun ternyata, mobil ini dapat mengkontaminasi mars dengan bakteri.

Mikroba yang muncul dari mobil listrik dan plastik di bumi dapat bertahan selama jutaan tahun. Para peneliti mengklaim jika mobil bertabrakan dengan mars, bakteri dari bumi dapat menghapus mikroorganisme asing yang mungkin hidup di planet merah ini.

"Jika ada biota mars asli, ini akan berisiko terkontaminasi oleh kehidupan testrial," papar ilmuwan atmosfer dan planet di Universitas Purdue, Indiana, Jay Melosh seperti dilansir dari laman Daily Mail.

"Apakah organisme di bumi dapat menyesuaikan, mengambil alih dan bahkan mencemari mars sehingga kita tiaak tahu seperti apa mars asli? Kita tidak tahu," lanjutnya.

Kantor Perlindungan Planetary NASA (OPP) biasanya memastikan pesawat luar angkasa mendarat di planet lain dengan steril. Namun Tesla tidak pernah dimaksudkan untuk mendarat dan tidak dibersihkan sebelum lepas landas oleh SpaceX. "Bahkan jika mereka meluncurkan di luar, mesinnya akan kotor. Mobil tidak dirakit bersih dan ada perbedaan besar antara bersih dan steril," lanjut Melosh.

Melosh berpendapat bahwa mobil listrik tersebut tidak mungkin sampai ke mars. Dia menuturkan bahwa saat ini mobil tersebut berada di orbit yang melintasi bumi dan mars. Namun cenderung akan berakhir di bumi meski menghabiskan beberapa juta tahun.

Di sisi lain, temperatur luar angkasa yang ekstrem, memiliki tekanan rendah dan radiasi kosmis membuat luar angkasa menjadi lingkungan yang tidak ramah untuk organisme hidup. Meski begitu, beberapa mikroorganisme dapat bertahan di lingkungan ekstrem, terbelangkai di ruang hampa dan kembali bangun saat kondisi membaik.

Sejak Elon Musk meluncurkan tesla roadster miliknya pada salah satu roket falcon Heavy SpaceXm pengintai bintang telah mencoba melacak perjalanan kosmik mobil tersebut. Sejak diluncurkan pada 6 Februari, jutaan orang diseluruh dunia mengikuti perjalanannya, termasuk seorang fotografer profesional berdarah Spanyol Amerika, Rogelio Bernal Andreo.

Dengan menggunakan kalkulasi online Nasa untuk mengetahui dimana Starman berada, boneka monyet itu muncul di foto sebagai titik kecil diantara bintang-bintang. Saat ini Roadster milik Musk dapat ditemukan di alat Horizons online dari Jet Propulsion Lab NASA.

Musk sendiri menunjukkan foto mobilnya berada di orbit bulan mengelilingi matahari yang berada semakin jauh dari bumi. Dengan perjalanan 250 juta mil, Space X diperkirakan dapat membawa muatan ke orbit matahari melalui titik tinggi di luar Mars/

Pada 8 Juni mendatang, roket tersebut akan melewati 69 juta mil jarak ke mars dan melintasi orbit planet ini pada Juli hingga akhirnya mencapai jarak terjauh sekitar 158 juta mil atau 254 juta km pada 19 November mendatang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA