Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Yahoo! Shopping Jepang Tawarkan Paket Pemakaman Online

Selasa 08 Aug 2017 03:56 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Nur Aini

Pemakaman (ilustrasi)

Pemakaman (ilustrasi)

Foto: irhal.com

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Semakin hari layanan yang bisa diakses melalui jasa dalam jaringan (online) kian bervariasi. Kabar terbaru yang ditulis laman Rocketnews menyebutkan Yahoo! Shopping Jepang menjual paket jasa yang tak biasa. Upacara pemakaman nampaknya menarik perhatian Yahoo! Shopping Jepang sehingga mulai menawarkan jasa pemakaman kepada konsumen di Negeri Sakura.

Cukup dengan mengklik layar gadget maka konsumen dapat memesan jasa upacara pemakaman ala Jepang termasuk layanan kremasi. Minrevi selaku penyedia layanan mengungkapkan perusahaannya punya paket yang diberi nama Simple Plan dengan harga terjangkau.

Paket ini termasuk jasa jemput jenazah, penyimpanan jenazah selama dua hingga tiga hari, kremasi, dan mengumpulkan abu kremasi. Di sisi lain, Simple Plan menyingkirkan ritual begadang yang bernama otsuya dan mengganti ritual ortodoks yang disebut kokubetsushiki.

Kokubetsushiki adalah upacara terakhir sebelum kremasi. Sesi ini digantikan dengan sesi mengucapkan selamat tinggal kepada jenazah secara personal sebelum dikremasi.

Paket Simple Plan dibanderol dengan harga 128 ribu yen atau sekitar 1.160 dolar AS. Harga ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk upacara pemakaman pada umumnya di Jepang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA