Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Desainer Jepang Jadi Doodle Google Hari Ini

Rabu 12 Jul 2017 02:15 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Reiny Dwinanda

Eiko Ishioka menjadi doodle google pada Rabu (12/7).

Eiko Ishioka menjadi doodle google pada Rabu (12/7).

Foto: dokrep

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Seorang perempuan asal Jepang menjadi doodle  mesin pencari google hari ini, Rabu (12/7). Doodle tersebut terpasang bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-79. Perempuan itu bernama eiko ishioka

Eiko adalah seorang desainer grafis dan kostum serta seniman Jepang. Ia terkenal dengan seni pertunjukan dengan kostum yang ia rancang sendiri. 

Perempuan kelahiran Tokyo 12 Juli 1938 tersebut pernah meraih piala Oscar, piala Grammy, serta pernah menjadi nominasi Tony Award. 

Eiko juga pernah memenangi Academy Award untuk kategori desain kostum terbaik untuk karyanya dalam film Francis Ford Coppola (1992) serta secara anumerta Eiko juga dinominasikan untuk Academy Award dalam kategori yang sama untuk karyanya di film Mirror Mirror (2012) karya Tarsem Singh.

Eiko sejak kecil diperkenalkan dengan seni oleh ayahnya. Eiko pun menyelesaikan studinya dari Tokyo National University of Fine Arts and Music. 

Usai lulus dari perguruan tinggi, Eiko memulai karirnya di divisi periklanan di perusahaan kosmetik Shisedo pada tahun 1961 dan memenangi penghargaan iklan paling bergengsi di Jepang empat tahun kemudian. 

Eiko juga pernah berkarir di dunia perfilman. Pada tahun 1985, sutradara Paul Schrader memilih Eiko untuk bekerja dengannya menjadi desainer produksi untuk filmnya di tahun 1985 berjudul Mishima: A Life in Four Chapters. Ia juga mengerjakan desain kostum untuk teater dan sirkus.

Tidak hanya itu Eiko juga pernah menyutradarai video klip Bjork berjudul Cocoon di tahun 2002 dan mendesain kostum untuk penyanyi Grace Jones dalam turnya bernama "Hurricane" di tahun 2009.

Tepat pada tanggal 21 Januari 2012, di usianya saat itu sudah 73 tahun, Eiko meninggal dunia karena kanker pankreas. Namun meskipun begitu, karya-karya yang telah ia torehkan telah mencatatkan namanya ke dalam salah satu desainer ternama di dunia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA