Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Apple Luncurkan Ipad Murah di Bawah Rp 5 Juta, Ini Spesifikasinya

Rabu 22 Mar 2017 10:33 WIB

Rep: Nora Azizah / Red: Nur Aini

iPad terbaru berukuran lebih kecil (Ilustrasi)

iPad terbaru berukuran lebih kecil (Ilustrasi)

Foto: CNET

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Perusahaan teknologi, Apple merilis Ipad versi murah bernama 'Red iPhone'. Laman CNBC melaporkan, model terbaru Ipad berlayar 9,7 inch tersebut diluncurkan bersamaan dengan edisi spesial Iphone 7 dan 7 Plus. Hadirnya Red Iphone merupakan salah satu bentuk kampanye Apple dalam rangka mengumpulkan dana secara global memerangi AIDS.

Seri khusus ponsel pintar akan dibanderol mulai dari 749 dolar AS atau sekitar Rp 10,1 juta (kurs Rp 13.500 per dolar AS), sementara the new Ipad akan dijual seharga 349 dolar AS (Rp 4,7 juta). Hasil penjualan Red Ipad akan memberikan kontribusi dana global memerangi AIDS. Bahkan pihak Apple mengatakan bahwa perusahaannya menjadi institusi yang menghasilkan dana global untuk AIDS terbesar di dunia. Kontribusi Apple akan menyumbang setidaknya 130 juta dolar AS.

Model baru Ipad merah memiliki spesifikasi layar lebih terang dengan Touch ID. Perangkat juga sudah memenuhi standar 4G LTE secara global dengan kekuatan Chip A9 dan iOS 10. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, Apple merilis 9,7 inch Ipad Pro seharga 599 dolar AS (Rp 8 jutaan). Perangkat juga dibuat kompatibel dengan fitur Apple Pencil serta peningkatan layar.

Tidak hanya spesifikasi, Apple juga mengumumkan beberapa aplikasi terbaru gratis bagi para pengguna. Salah satunya Clips, yakni aplikasi untuk edit video dengan cara mengombinasikan video, foto, dan musik. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur yang bisa langsung membagi hasil edit video ke laman media sosial. Clips akan tersedia pada perangkat Apple dengan prosesor iOS 10.3 yang akan siap pada April mendatang. Aplikasi juga menyediakan fitur emoji unik.

Hebatnya, Clips memiliki kemampuan Artificial Intelligence (AI). Clips mampu mengenali wajah-wajah yang berada di dalam video, kemudian akan memberikan masukan bagi pengguna untuk membagi video tersebut kepada objek di dalam video. Aplikasi mendukung beberapa media sosial populer, di antaranya Instagram, Snapchat, Vine, Google Photos, dan Musical.ly. Selain iPad dan Clips, Apple juga merilis new silicon dan sarung kulit untuk Iphone 7 dan 7 Plus. Pengguna juga bisa menikmati ruang penyimpanan lebih besar untuk kedua ponsel tersebut.

Seolah tak ingin membuang waktu, Apple juga merilis watch band terbaru dengan varian warna berry, polen, sapphire, azzure, orange, dan merah. Peluncuran tersebut tidak lama dengan watch band kompetitor Apple, seperti Nike bands dan Hermes bands bernama 'Bleu'. Apple juga melakukan peluncuran aplikasi learn-to-code bernama Swift Playgrounds.

Aplikasi tersebut sudah dirilis di beberapa negara, seperti Jepang, Cina, Prancis, Jerman, Amerika Latin, dan Spanyol. Apple tengah melakukan investasi besar untuk merekrut para developer baru. Hal tersebut dilakukan hingga 2020 mendatang. Cina menjadi negara dengan pertumbuhan iPad sangat tinggi saat ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA