Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Augmented Reality akan Manjakan Pengguna Tandamata

Selasa 21 Mar 2017 22:38 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Winda Destiana Putri

Penggunaan teknologi Augmented Reality (ilustrasi)

Penggunaan teknologi Augmented Reality (ilustrasi)

Foto: http://static.dezeen.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat membeli barang, vas bunga, lukisan atau lampu meja, mungkin masyarakat tidak tertarik untuk membeli melalui marketplace online. Pertimbangan itu mengingat sulitnya memperkirakan ukuran pada gambar dengan ukuran sebenarnya.

Karena, jika melalui marketplace online, foto display dan ukuran pada keterangan merupakan satu-satunya patokan dalam memperkirakan ukuran. Untuk menjawab hal itu, Matata Corp melakukan sebuah inovasi melalui produk marketplace online terbarunya, Tandamata.

Enrico Pitono, Chairman & Founder Matata Corp mengatakan, salah satu keunggulan Tandamata dibanding marketplace online lainya adalah, Tandamata memungkinkan penggunanya untuk menggunakan teknologi Augmented Reality. "Kami adalah marketplace online pertama di Indonesia yang mencetuskan ide Augmented Reality," kata Enrico, dalam konferensi pers peluncuran Tandamata versi 1.0 di Jakarta pada Senin (20/3). 

Dengan mengaplikasikan teknologi Augmented Reality, hal ini memungkinkan penggunanya untuk melihat bagaimana jika benda yang mereka pilih terlihat di tempat yang mereka inginkan. Rencanya, teknologi itu akan diterapkan pada Tandamata versi 2.0 yang akan diluncurkan pada 17 Agustus 2017, bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesa.

"Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan benda yang akan dibeli secara nyata dan realtime hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet. Semisal pengguna akan membeli lukisan, pengguna tinggal mengarahkan kamera smartphone ke dinding yang akan dipasang lukisan, maka pengguna dapat langsung melakukan review apakah ukuran dan desain lukisan sesuai dengan rauangan yang ada," ujarnya.

Tandamata 1.0 yang resmi diluncurkan kemarin adalah sebuah aplikasi yang khusus diciptakan untuk menjadi wadah berkumpulnya produk-produk bermutu hasil wirausahawan Indonesia. Berbagai produk terpilih seperti dari Jenggala, Lampuruna dan Tulisan tersedia di sini.

Walaupun merek-merek tersebut sudah merupakan produk yang terkenal, namun mereka ingin mendukung penuh wirausahawan pemula lainnya. Proses pemilihanproduk hingga pembayarannya dibuat sangat sederhana dan mudah, karena setiap produkyang ada sudah dikurasi ketat baik secara kualitas maupun aspek keunikan dan segi artistiknya.

"Aplikasi Tandamata yang hari ini sudah bisa diunduh di AppStore maupun Google Play, memungkinkan vendor yang ada di dalamnya untuk memamerkan produknya dengan efisien, aman,serta biaya yang relatif rendah dan kompetitif dibandingkan dengan menjual produk mereka di pusat perbelanjaan ataupun online shop lain. Hal ini merupakan bagian penting dari misi Matata untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi wirausahawan kecil dan menengah untuk mengembangkan usaha mereka kepasar yang lebih luas," ucap Enrico.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA