Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Berpikir Seperti Ilmuwan untuk Kembangkan Digital Marketing

Sabtu 11 Mar 2017 18:40 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra

Digital marketing atau pemasaran digital. Ilustrasi

Digital marketing atau pemasaran digital. Ilustrasi

Foto: opencolleges.edu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan dunia digital semakin pesat dari hari ke harinya di dunia bisnis. Kunci untuk mengembangkan digital marketing adalah berani mencoba.

Managing Director TWOMC Digital Agency Ryan Mc Clure mengatakan, saat ini ada sekitar 79 juta pengguna sosial media aktif dari 259,1 juta penduduk Indonesia. Ini merupakan pasar yang sangat besar bagi perusahaan dan bisnis. Bahkan jumlah tersebut bukan angka mutlak, melainkan akan terus bertambah.

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia ini, menurut Ryan, terbilang mengejutkan. Bahkan untuk para "penghuni" Silicon Valley.

"Untuk itu kalian (masyarakat Indonesia) perlu mempelajari ini (digital marketing), karena Indonesia punya pasar yang sangat besar," ujarnya saat berbicara di  seminar Transform Your Organization Into A 21st Century Organization yang digelar Millennia 21st Century Academy di Arion Swiss Belhotel, Sabtu (11/3).

Melihat perkembangan dunia bisnis yang juga semakin besar, Ryan mengatakan, ke depannya digital marketing akan memainkan peranan besar. Khususnya di Indonesia.

Ryan mendorong para pebisnis di Indonesia untuk semakin melek digital marketing. Menurutnya tak perlu takut memulainya dari nol, sebab tak ada orang yang benar-benar dilahirkan langsung mahir teknologi. "Yang terpenting itu apa orang ini punya rasa penasaran untuk mempelajari atau mencoba sesuatu?" ujarnya.

Sebab kata Ryan, tak ada sesuatu yang "misterius" dengan dunia digital marketing. Semua hal di sini katanya bisa dipelajari. Kesalahan dalam digital marketing tak harus dipandang sebagai bencana, namun dapat dijadikan pelajaran untuk terus mencobanya.

Makanya Ryan terus menekankan untuk selalu berpikir seperti ilmuwan. Ilmuwan menurutnya akan melakukan percobaan terus menerus hingga berhasil. "Tak perlu jadi ilmuwan, tapi berpikirlah seperti ilmuwan, kalian harus lakukan percobaan," kata pria asal Kanada ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA