Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Aplikasi Bluetooth Ini Lacak Barang Hilang

Rabu 25 Jan 2017 17:36 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Aplikasi di ponsel pintar

Aplikasi di ponsel pintar

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda sering lupa tempat menyimpan ponsel, dompet, atau kunci, mungkin sudah waktunya melakukan sesuatu untuk itu. Ada banyak cara untuk melacak barang hilang, salah satunya menggunakan bluetooth tracker atau pelacak bluetooth yang dihubungkan dengan layanan gratis yang bisa diunduh dari iPhone atau aplikasi keamanan mobile lainnya.

Berikut sejumlah pelacak bluetooth yang populer digunakan netizen, dilansir dari Which.

Tile slim
Tile slim bentuk fisiknya mini, persegi, dan bisa diselipkan di dalam dompet Anda. Dengan menghubungkannya secara mobile, Anda bisa menemukan barang hilang dalam jarak 30 meter. Aplikasi ini bisa digunakan di android dan iOS. Pelacak akan berdengung, misalnya jika ada benda terjepit di sisi sofa Anda.
Baterai slim pada alat fisik bisa bertahan selama setahun. Jika Anda kehilangan ponsel, Anda bisa menekan tombol pada tile untuk membuat ponsel Anda berdering.

Baca juga: Depresi dan Cemas Berkurang dengan aplikasi ponsel Pintar

Tile mate
Tile mate bekerja dengan cara sama seperti tile slim, namun bentuknya lebih kecil dan ringan. Alat ini menggunakan aplikasi sama dengan tile slime dan bisa bertahan selama setahun.
Jika Anda memasangkan aplikasi ini ke ponsel Anda dan mengubungkannya dengan tile kemudian ponsel Anda hilang, Anda bisa masuk (log in) ke website tile slim dan melihat lokasi terakhir ponsel Anda berada.
Anda juga bisa mengirim pesan kunci layar jika seseorang telah mengambil ponsel Anda. Produsen mengatakan pelacak ini bisa bekerja dalam jarak 30 meter, namun lebih efektif pada jarak sekitar 10 meter.

Chipolo plus
Pelacak ini bisa bekerja dari jarak 200 kaki atau sekitar 60 meter, sehingga secara teori lebih baik dibandingkan tile slim dan tile mate. Chipolo bentuknya bulat, dilengkapi aplikasi peta yang dapat memberi tahu kapan Anda terakhir kali sinkron dengan pelacak.

Sama seperti tile slim dan tile mate, Anda juga bisa bergabung dengan pengguna aplikasi serupa untuk menemukan barang Anda. Pengguna lain tidak akan tahu Anda sedang mencari barang Anda yang hilang, namun ponsel mereka akan bertindak layaknya mata-mata tambahan untuk ikut membantu barang Anda yang hilang. Baterai chipolo plus bisa bertahan hingga setahun.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA