Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Depresi dan Cemas Berkurang dengan Aplikasi Ponsel Pintar

Kamis 19 Jan 2017 06:59 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Foto: Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi mini bernama IntelliCare menjadi sebuah penemuan besar karena bisa mengurangi depresi dan kecemasan secara signifikan. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini pada ponsel pintar (smartphone) mereka empat kali sehari untuk mendapatkan hasil positif.

Penelitian Northwestern Medicine yang baru menyebutkan aplikasi ini menawarkan latihan untuk mengurangi stres, mengurangi sifat suka khawatir berlebihan dan menyalahkan diri sendiri, sehingga membantu hidup lebih bermakna. Aplikasi ini bagaikan mantra yang lebih menyoroti kekuatan Anda, dan strategi agar bisa tidur malam lebih nyenyak.

Pengguna yang menggunakan IntelliCare selama delapan pekan penelitian mendapatkan dampak positif dari aplikasi ini. Mereka rata-rata menggunakan aplikasi interaktif ini empat kali sehari atau rata-rata 195 kali selama delapan pekan. Mereka rata-rata menghabiskan satu menit untuk satu aplikasi, dengan waktu lebih lama mengamati aplikasi dengan video relaksasi.

Sebanyak 96 peserta yang menyelesaikan penelitian ini mengalami penurunan gejala depresi dan kecemasan hingga 50 persen. Ini sebanding dengan hasil yang diharapkan saat menjalani praktik klinis menggunakan psikoterapi atau mengonsumsi obat antidepresan.

"Kami merancang aplikasi ini sehingga mudah digunakan masyarakat, bahkan kerjanya sederhana, misalnya sekadar menunjukkan arah atau menemukan restoran terdekat," kata penulis utama studi, David Mohr, dilansir dari Medical News Today, Rabu (18/1).

Profesor kedokteran preventif dan Direktur Center for Behavioral Intervention Technologies at Northwestern University Feinberg School of Medicine ini mengatakan beberapa peserta bahkan terus menggunakan aplikasi ini meski tidak lagi dilibatkan dalam studi. Ini karena mereka merasa aplikasi ini membuat mereka lebih baik.

Peserta bisa mengakses 13 aplikasi IntelliCare dari Google Play dan menerima pembinaan selama delapan pekan pertama. Pengguna akan menerima panggilan telepon ditambah dua pesan teks per pekan selama delapan pekan. Sebanyak 105 peserta dilibatkan dalam studi, dan 96 di antaranya berhasil menyelesaikannya.

Beberapa aplikasi yang terdapat dalam IntelliCare ini adalah Daily Feats, dirancang untuk memotivasi pengguna dan menambahkan kegiatan bermanfaat dalam hari-harinya. Kedua, Purple Chill, didesain untuk membantu pengguna bersantai dengan rekaman audio yang memandu mereka mengurangi stres.

Ketiga, Slumber Time, dirancang untuk memudahkan pengguna tidur nyenyak di malam hari. Keempat, My Mantra, dirancang untuk memotivasi pengguna dengan cara fokus pada kelebihan diri sendiri.

Mohr mengatakan menggunakan alat digital untuk membantu kesehatan mental adalah bagian penting di masa depan. Ini dirancang untuk membantu jutaan orang yang mungkin tidak mempunyai cukup uang bertemu terapis setiap hari. Ia mencontohkan lebih dari 20 persen orang Amerika memiliki gejala depresi dan kecemasan setiap tahunnya, namun hanya 20 persen dari mereka yang bisa menjalani perawatan memadai.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA