Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Studi Temukan Hubungan Langsung Antara Alkohol dan Tujuh Jenis Kanker

Jumat 22 Jul 2016 12:34 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri

Sel Kanker

Sel Kanker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Addiction menemukan kaitan antara konsumsi alkohol dengan risiko tujuh jenis kanker .

Meminum miras disebut berpotensi menyebabkan kanker pada orofaring, laring, esofagus, hati, usus besar, rektum, dan payudara.

Keterkaitan antara alkohol dan kanker memang sudah dipaparkan dalam berbagai penelitian selama bertahun-tahun lalu. Namun, studi terbaru yang komprehensif ini merangkum data global selama 10 tahun.

Studi tersebut digagas oleh Jennie Connor dari University of Otago, Selandia Baru. Ia merangkum data dari World Cancer Research Fund and American Institute for Cancer Research, International Agency for Research on Cancer, Global Burden of Disease Alcohol Group, dan sejumlah badan kompeten lain.

Menurut data, alkohol bertanggung jawab atas 5,8 persen dari kematian akibat kanker pada tahun 2012 atau sekitar 500.000 orang.

Meski risiko terbesar dihadapi oleh peminum berat, orang yang minum alkohol dalam ukuran moderat maupun ringan tetap rawan mengidap kanker.

Hubungan sebab akibat itu didukung adanya penurunan data kanker ketika konsumsi alkohol berkurang. Sementara, risiko justru bertambah secara signifikan apabila seseorang minum alkohol sekaligus merokok.

Jana Witt dari Cancer Research UK menganggap penelitian tersebut sebagai hal yang penting. Praktisi yang tidak terlibat dalam studi tersebut mengatakan, sekira sembilan dari 10 orang masih tidak menyadari hubungan antara alkohol dan kanker.

"Ulasan ini adalah pengingat penting bahwa ada bukti kuat yang menghubungkan keduanya," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA