Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Mengenal Caroline Herschel, Tokoh Google Doodle Hari Ini

Rabu 16 Mar 2016 13:19 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Caroline Herschel.

Caroline Herschel.

Foto: The Telegraph

REPUBLIKA.CO.ID, Google Doodle hari ini memperingati kelahiran Caroline Herschel ke 266. Siapakah dia? Dia adalah wanita pertama yang berkontribusi bagi ilmu pengetahuan lantaran menemukan enam komet baru. Di halaman home Google, tampak Herschel sedang mencari komet di langit menggunakan teleskopnya.

Dilansir dari The Telegraph, Herschel lahir di Hanover, Jerman tahun 1750. Dia adalah anak ke delapan dari keluarga Jerman yang tinggal di pedesaan. Ketika berusia 10 tahun, Herschel terkena sakit tifus yang menghambat pertumbuhannya dan meninggalkan bekas luka.

Setelah masa kecil yang sulit, dia pindah ke Inggris untuk tinggal bersama kakaknya William Herschel di Bath ketika berusia 22 tahun. Dia lalu berlatih sebagai penyanyi dan tampil di berbagai pertunjukan. Setalah memulai kariernya sebagai musisi, William mengembangkan minatnya di bidang astronomi. Keduanya lalu mengamati komet.

Pada 1781, William menemukan planet Uranus. Setelah penemuan ini William mendapatkan gelar bangsawan dari Inggtos. Herschel yang berusia awal 30-an menjadi asisten kakaknya.

Herschel lalu mulai melakukan pengamatan astronomi sendiri. Pada musim panas 1786, dia menemukan sebuah komet. Dia adalah wanita pertama yang menemukan komet, benda langit yang terdiri dari gas dan es, memliki ekor panjang yang berbeda dengan asteroid yang terdiri dari batu dan logam. Herschel melanjutkan penemuannya hingga akhirnya menemukan tujuh komet.

 

baca juga: Teleskop Luar Angkasa Buatan Cina Bakal Lebih Keren Dibanding Hubble

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA