Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Cari Tahu Alasan Bayi Menangis Lewat Aplikasi Ponsel

Jumat 22 Jan 2016 00:36 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Yudha Manggala P Putra

Berbagai pendapat berbeda diungkap para ahli mengenai cara menangani bayi menangis. Orangtua sebaiknya jeli memilah yang terbaik bagi si kecil.

Berbagai pendapat berbeda diungkap para ahli mengenai cara menangani bayi menangis. Orangtua sebaiknya jeli memilah yang terbaik bagi si kecil.

Foto: corbis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang tua tampaknya pernah menjambak rambut mereka ketika mendengar ratapan bayi yang tak kunjung henti. Apalagi ketika susu dan timangan tidak bisa mendiamkannya.

Saat ini, para orang tua akan senang dengan sebuah aplikasi baru yang mengklaim dapat menerjemahkan tangisan. Hal itu sudah dimungkinkan berkat database yang luar biasa dengan lebih dari 200 ribu rekaman tangisan dari 100 ribu bayi yang baru lahir.

Penterjemah tangisan bayi dikembangkan oleh para peneliti di National Taiwan University Hospital, Yunlun.

Aplikasi tersebut perlu didiamkan selama 15 detik untuk mendengar tangisan bayi Anda untuk kemudian dianalisa apa yang menyebabkan ia menangis. Dengan begitu, orang tua bisa melakukan apa yang memang diperlukan.

Peneliti utama Chang Chuan-yu menjelaskan, aplikasi penerjemah yang dapat mengenali tangisan bayi ini dapat membantu orang tua dan staf perawat bayi.

Ia juga memberi kesempatan bagi orang tua untuk merekam tangisan bayinya. "Hal ini akan meningkatkan tingkat pengenalan secara dramatis," katanya dilansir dari Mirror, Kamis (21/1).

Sementara itu, menanggapi kekhawatiran pengguna dalam mengartikan tangisan bayi, Chang mengatakan pengguna dapat menambahkan keterangan alasan yang benar mengapa bayi menangis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA