Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Begini Cara Mengalahkan 'Hacker' Ala Perguruan Snowden

Rabu 04 Dec 2013 08:06 WIB

Red: Julkifli Marbun

Edward Snowden

Edward Snowden

Foto: AP Photo/Human Rights Watch, Tanya Lokshina

REPUBLIKA.CO.ID, BANGALORE -- Ternyata Edward snowden yang menjadi buronan amerika serikat karena membocorkan rahasia intelijen AS ( nsa ) pernah berguru di sebuah kursus komputer, Koenig Solutions di Moti Nagar, New Delhi tahun 2010.

Dengan mengasah ketajamannya di bidang teknik meretas, dalam waktu seminggu dia berhasil mendapatkan sertifikat EC-Council Certified Security Analyst (ECSA). 

ECSA merupakan kursus empat hari yang didesain untuk melatih tenaga ahli di bidang keamanan dan teknik komputer.

Para siswa dilatih untuk mendesain, mengamankan dan menguji coba keamanan sebuah jaringan untuk melindungi perusahaan-perusahaan dari ancaman hacker maupun cracker.

"Untuk mengalahkan seorang hacker, anda harus berpikir seperti mereka," tulis situs EC-Council dilansir The Times of India.

Snowden memilih mengikuti kursus jalur cepat di lembaga tersebut.

"Snowden merupakan peretas etis dan dia memilih untuk mengikuti kursus jalur cepat. Saya tidak butuh terlalu banyak waktu untuk mengajarinya bagaimana mengeksploitasi serangan dan memahami jaringan wireless hacker. Dia dapat memahami kerentanan keamanan dan hasil dari sebuah percobaan keamanan," kata Sisir Pandey, Manajer Teknis di Koenig yang mengajari Snowden mengenai ECSA.

Snowden, tertarik belajar di India dan mengirimkan surel pendaftaran dari Jepang, saat dia tinggal di sana 23 Juli 2009.

Dia bertanya mengenai informasi Kursus Investigasi Forensik Peretasan komputer dan Program Sertifikasi Peretas Etis. Koenig kemudian membalas dengan undangan visa kepada Snowden yang diajukan dari Kedutaan India di Jepang.

Hema Sharma, Manager Koenig mengatakan selama bergaul dengan Snowden, orangnya sangat tenang.

"Dia menyibukkan diri. Dia biasa saja. Dia fokus pada kurikulum. Dia sering mengunjungi restoran Haldirams dekat tempat kursus," katanya.

sumber : The Times of India
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA