Jumat , 15 Desember 2017, 05:14 WIB

Trik Gunakan Iphone X

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
EPA
iPhone X
iPhone X

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- iPhone X mengantarkan pada era baru semua tampilan, pengenalan wajah, Animoji, dan gesture baru untuk mengendalikan semuanya. Akan tetapi mungkin Anda masih bingung untuk menggunakan iPhone X.

Pengguna mungkin banyak yang merasa kesulitan untuk melakukan sesuatu tanpa tombol 'home', dan banyak fitur telah dipindahkan. Untuk membantu pengguna mengatasi hal-hal dengan cepat, berikut beberapa trik yang dapat memudahkan Anda menggunakan iPhone X dilansir dari laman Mashable.
 
Buka App Switcher seperti pro
Setelah tidak ada tombol home, Anda harus mempelajari serangkaian gerakan baru, dan membuka App Switcher bisa menjadi rumit. Apple memberitahu Anda untuk menggesek dari panel gesture ke tengah layar, dan kemudian menunggu App Switcher muncul saat Anda merasakan sedikit getaran. Ini tidak hanya lamban, tapi sulit dilakukan. Sebagai gantinya, gesek ke atas dan pada busur ke arah kanan atau kiri (jika Anda kidal).
 
Bawa kembali tombol home
Buka General> Accessibility> AssistiveTouch dan nyalakan. Sekarang Anda akan melihat tombol home virtual yang dapat disesuaikan untuk mengaktifkan jalan pintas. Anda dapat mengatur tombol virtual ke Home dengan ketuk satu kali, ketuk dua kali, tekan agak lama, atau 3D Touch. Atau atur tombol pintas lainnya seperti launching Control Center. Selain itu, jika Anda khawatir tentang screen-burn, sebaiknya turunkan setelan 'Hemat Daya' di bawah default 40 persen.
 
Dalam beberapa hal, tombol home virtual ini lebih fleksibel daripada yang fisik. Anda tidak perlu menempatkannya di tempat tombol sebenarnya dahulu, bisa diletakkan di manapun di sepanjang sisi layar.
 
Aktifkan dengan Face ID lebih cepat
Pengguna pemula akan berpikir hanya ada satu cara yang tepat untuk membuka iPhone X: meningkatkan dan kemudian gesek ke atas setelah gembok Face ID telah dibuka. Pengguna iPhone X berpengalaman sudah tahu cara yang lebih cepat: meningkatkan dan menggesek.
 
Itu benar, Face ID biasanya sangat akurat sehingga Anda bisa menggeseknya saja, tidak perlu menunggu ikon gembok dibuka, saat kamera TrueDepth dipegang langsung di depan wajah Anda. Anda menyimpan setengah detik, tapi saat Anda membuka kunci ponsel sepanjang hari, mereka bertambah.
 
Tunjukkan persentase baterai
iOS tidak menampilkan persentase baterai secara default, namun Anda bisa masuk ke aplikasi Setelan dan mengaktifkannya. Di iPhone X, settingnya sudah dihapus. Tapi jangan takut, Anda masih bisa melihat persentase baterai dengan menggesekkan sisi kanan 'notch'. Sekarang dimasukkan ke dalam Control Center.
 
Cara menonaktifkan Face ID dalam sekejap
Jika karena alasan apa pun Anda berada dalam situasi di mana tidak ingin Face ID menjadi bentuk keamanan utama. Seperti jika Anda ditahan di suatu tempat, dan seseorang memiliki telepon Anda dan dapat memaksa Anda untuk melihatnya, Anda dapat dengan cepat menonaktifkannya.
 
Tekan tombol daya dengan cepat (secara resmi disebut 'Side Button') lima kali, dan secara otomatis akan menonaktifkan Face ID, dan default kode akses Anda untuk membuka kunci. Memasukkan kode akses Anda akan mengaktifkan kembali Face ID.
 
Flip cepat antar aplikasinya
Gesek ke kanan pada gesture bar dari layar utama, dan Anda akan melihat bahwa Anda dapat dengan cepat membolak-balik aplikasi yang ditangguhkan. Selain itu, Anda dapat menggesek kiri dan kanan begitu Anda membalik ke aplikasi yang bukan yang terakhir dibuka.