Saturday, 8 Jumadil Akhir 1439 / 24 February 2018

Saturday, 8 Jumadil Akhir 1439 / 24 February 2018

Trik Memotret Agar Foto Makanan di Instagram Terlihat Menarik

Senin 10 July 2017 12:41 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani

Trik memfoto makanan

Trik memfoto makanan

Foto: Independent

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mengunggah foto makanan di Instagram sudah menjadi hal biasa di era media sosial seperti saat ini. Namun tidak semua orang bisa menghasilkan foto yang benar-benar bagus. Fotografer Anett Velsberg dan Daniel Krieger membocorkan trik agar kita bisa memotret makanan dengan hasil yang mengesankan.

Dilansir dari laman Independent pada Senin (10/7), Anett Velsberg menyarankan agar foto makanan menampilkan beragam variasi tekstur. "Tunjukkan olesan saus, remah-remah, tekstur buah, dan permukaan roti tawar dalam satu foto," kata wanita yang dikenal sebagai fotografer dan food stylist ini.

Fotografer yang baik akan menggabungkan seluruh elemen tersebut dalam tampilan yang seimbang. Sehingga, dihasilkan foto yang 'berantakan namun cantik'.

Daniel Krieger, fotografer yang bermukim di Brooklyn, mengungkapkan kesalahan yang paling sering dilakukan saat memotret makanan adalah tidak memperhatikan pencahayaan. Akibatnya foto makanan bukannya terlihat lezat namun malah suram atau menampilkan kesan sedih.

"Jika cahaya di sekitar makanan kurang, lebih baik urungkan niat anda untuk memotretnya," ujar Krieger. Senada dengan Krieger, Velsberg juga menegaskan pencahayaan adalah faktor penting dalam mengambil gambar.

"Hindari cahaya lampu kuning dan cobalah menemukan cahaya alami seperti di pojok rumah yang terkena sinar matahari," saran Velsberg.

Salah satu cara mudah untuk menangkap cahaya yang sesuai adalah menggunakan reflektor atau papan busa berwarna putih. Jangan lupa manfaatkan tripod untuk hasil foto yang lebih prima.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA