Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Trik Unsent pada Gmail

Senin 24 April 2017 11:58 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Winda Destiana Putri

Gmail

Gmail

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- BlackbBerry Messenger (BBM) telah lama menanamkan fitur penarik pesan bernama retracting message. WhatsApp pun tertarik untuk menambahkan fitur itu dan kini tengah memasuki masa percobaan.

Sedangkan Gmail, sebagai salah satu portal pengiriman email paling populer di dunia, juga telah membenamkan fitur unsent. Bahkan, dilansir dari Mashable pada Ahad (23/4), sebenarnya, Google telah melengkapi Gmail dengan fitur ini sejak 2015.

Namun, mungkin karena fitur ini harus diaktifkan melalui settings menu, sehingga boleh jadi tak banyak pengguna Gmail yang mengetahui tentang fitur tersebut.

Padahal, dalam kondisi tertentu, mungkin fitur ini dapat sangat bermanfaat bagi pengguna. Karena, dengan adanya fitur unsent, pengguna dapat membatalkan pengiriman pesan meski surat elektronik itu sudah terlanjur terkirim. Meskipun, Gmail memberi batasan waktu seberapa lama pesan itu dapat dibatalkan pengirimanya.

Itu artinya, jika sudah melebihi batasan waktu, maka pesan tersebut tidak dapat ditarik kembali. Batasan waktu yang diberikan paling cepat adalah 5 detik, paling lama, 30 detik.

Cara untuk mengaktifkan fitur bernama 'undo send' ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu masuk pada settings berlogo gear yang terdapat pada pojok kanan atas tampilan Gmail. Setelah itu, aktifkan kolom 'enable undo send' dan tentukan opsi 'send cancellation period'. Pilihan batas waktu pembatalan adalah 5 detik, 10, 20 dan 30 detik. Setelah fitur ini diaktifkan, kita tak perlu panik jika suatu waktu kita salah ketik, salah kirim atau salah alamat dalam mengirim email.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA