Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Ada 17 Miliar Planet Seukuran Bumi di Bimasakti

Selasa 08 January 2013 19:44 WIB

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Bima sakti

Bima sakti

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Galaksi Bimasakti atau Milky Way ternyata menyimpan sedikitnya 17 miliar planet yang ukurannya serupa dengan Bumi. Itu artinya tiap orang di dunia punya 'jatah' dua planet atau lebih. 

Namun, Francois Fressin dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, seperti dikutip dari Associated Press, Selasa (8/1), mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan berapa banyak planet yang memiliki persediaan air.

Penemuan tersebut merupakan penghitungan pertama mengenai jumlah planet di luar sistem tata surya yang mempunyai ukuran sama dengan Bumi. Pencarian planet yang mirip Bumi tampaknya masih terbentang jauh. 

Terlepas dari banyaknya penemuan planet baru dalam beberapa tahun belakangan, manusia masih dalam pencarian menemukan sebuah planet yang memiliki ukuran tepat dan temperatur udara yang sesuai bagi air agar tetap berbentuk cairan.

Jumlah planet dengan ukuran sebesar Bumi ini memberikan para astronomer titik tolak untuk mencari planet mana yang kira-kira bisa ditinggali manusia. 

Jumlah 17 miliar diperoleh Fressin dan timnya dengan melakukan analisis terbaru berdasarkan data yang dikumpulkan pesawat luar angkasa Kepler milik NASA. Kepler diluncurkan pada 2009 dengan tujuan mencari tahu keberadaan planet lain yang mirip Bumi. Mereka memperkirakan sedikitnya satu dari enam bintang di galaksi menguasai sebuah planet seukuran Bumi. 

Menggunakan metode yang berbeda, sebuah tim dari Universitas California, Berkeley dan Universitas Hawaii secara terpisah juga mengungkapkan hasil serupa. Mereka menghitung sebanyak 17 persen bintang yang letaknya jauh mempunyai planet-planet seukuran Bumi atau sedikit lebih besar. Penemuan tersebut dipresentasikan dalam Komunitas Astronomi Amerika (American Astronomical Society) di Long Beach, California.

Sementara itu, Kepler melanjutkan pencariannya. Menurut ilmuwan dalam misi tersebut Christopher Burke, pesawat luar angkasa itu menemukan 461 kandidat planet baru sehingga total planet yang potensial ditinggali manusia sebanyak 2.740. Sebagian besar penemuan Kepler adalah planet seukuran Bumi atau lebih besar. Empat di antaranya berada dalam zona yang disebut Goldilocks, tapi diperlukan observasi lebih lanjut.  

Dengan tegas Fressin mengatakan, planet di luar sistem tata surya jumlahnya berlimpah. "Saat kita melihat langit malam yang berbintang, hampir tiap bintang yang kita lihat memiliki sistem planet," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA