Selasa, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 Februari 2018

Selasa, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 Februari 2018

Peneliti: Salju Aman Dikonsumsi

Jumat 09 Februari 2018 08:50 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi - Salju tebal.

Ilustrasi - Salju tebal.

Foto: AP Photo/Dar Yasin
Salju yang baru turun memiliki bakteri yang lebih sedikit.

REPUBLIKA.CO.ID,  RUMANIA -- Salju ternyata aman untuk dikonsumsi. Itu berdasarkan hasil penelitian sebuah universitas Rumania, Sapientia Hungarian University of Transylvania belum lama ini.

Kepada kantor berita Associated Press, Istvan Mathe, profesor di universitas itu mengatakan uji coba tahun 2017 menunjukkan, salju yang berumur setengah hari, aman dikonsumsi dan lebih aman mengonsumsinya dalam bulan-bulan musim dingin. Tetapi, ia mengatakan, salju yang sudah dua hari, tidak aman dikonsumsi.

Ilmuwan mengambil salju dari taman dan bundaran di Miercurea Ciuc, Rumania tengah, pada Januari dan Februari, meletakkan salju-salju itu dalam wadah steril yang tertutup rapat, kemudian mencoba menumbuhkan bakteri dan jamur di dalamnya.

Penelitian berlangsung ketika suhu udara beragam mulai dari minus 1,1 derajat celcius sampai minus 17,4 celcius di kota itu, salah satu suhu terdingin di Rumania.

Setelah sehari, terdapat lima bakteri per milimeter pada Januari, sedangkan pada Februari jumlahnya empat kali lipat. "Salju yang baru turun memiliki bakteri yang sangat sedikit," ujar Mathe hari Kamis (8/2). “Namun setelah dua hari, terdapat puluhan bakteri," tambahnya.

Menurutnya, mikroorganisme meningkat karena udara yang tidak bersih.

Sumber : VOA Indonesia
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA