Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Astronom Temukan Ribuan Planet di Luar Bima Sakti

Rabu 07 February 2018 04:45 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Dwi Murdaningsih

Galaksi bima sakti (ilustrasi)

Galaksi bima sakti (ilustrasi)

Foto: wikipedia
2000 planet ditemukan di tengah bintang dari galaksi berjarak 3,8 miliar tahun cahaya

REPUBLIKA.CO.ID, OKLAHOMA -- Ahli astrofisika telah menemukan ribuan planet di galaksi selain Bima Sakti. Planet-planet yang ditemukan tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Beberapa planet berukuran sebesar bulan, ada pula yang seukuran Jupiter.

Dilansir dari International Business Times sebanyak 2.000 planet ditemukan di tengah bintang dari galaksi yang jaraknya 3,8 miliar tahun cahaya dari bumi. Penemuan ini merupakan hasil penelitian dari para peneliti dari Universitas Oklahoma menggunakan teknik yang dikenal sebagai gravitational microlensing.

Selain itu, hasil penelitian juga dibantu oleh informasi dari Observatorium Sinar X Chandra milik NASA. Peneliti dari penemuan ini adalah astronom Xinyu Dai dan Eduardo Guerras.

Melihat planet di galaksi lain merupakan hal yang tidak mudah. Sejauh ini, teknologi microlensing adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi planet yang paling kecil dan jauhnya berjarak sekitar ribuan tahun cahaya dari Bumi.

"Kami sangat gembira dengan penemuan ini. Ini pertama kalinya ditemukan planet di luar galaksi kita," ujar Xinyu Dai.

Sementara itu, Guerras mengatakan, penemuan ini menunjukan betapa kuatnya teknologi microlensing. "Galaksi yang ditemukan ini berlokasi 3,5 miliar tahun cahaya. Namun, kami bisa mempelajarinya dan menyingkap keberadaannya. Bahkan kami juga bisa mengetahui massanya. Sains ini sangat hebat," kata Guerras.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA